Search
Sabtu 20 Juli 2019
  • :
  • :

BID Kecamatan Dimembe, Dengah : Mendorong Peningkatan Kualitas Pemanfaataan Dana Desa

Assisten I Dr. Jane Simons MKes di dampingi Camat Dimembe Ansye Dengah SSos saat membuka Bursa Inovasi Desa (BID).

Minut – Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan STh yang di wakili Assisten I Bagian Pemerintahan Dr. Jane Simons MKes membuka Bursa Inovasi Desa (BID) yang di selenggarakan Pemerintah Kecamatan Dimembe di bawah kepemimpinan Camat Ansye Dengah S.Sos di Balai Desa Lalayaan Desa Tatelu pada Kamis, 11 Juli 2019.

Pemerintah desa diminta agar lebih mengembangkan inovasi desa lewat Bursa Inovasi Desa (BID) guna menekan angka kemiskinan dan mensejahterakan masyarakat.

Hal ini disampaikan Assisten I Dr. Jane Simons mewakili Bupati Vonnie Anneke Panambunan STh., dalam sambutannya.

“Kegiatan BID merupakan salah satu program inovasi desa yang dibiayai oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI.
BID adalah kegiatan pertukaran dan pengelolaan pengetahuan hasil pembangunan dan perberdayaan masyarakat desa yang dinilai inovatif”, ujar Jane Simons.

Lanjutnya, “Tahun 2019 adalah tahun terakhir dari penyaluran Dana Desa (Dandes) dalam masa periode 2015-2019. Kedepan diharapkan ada kesinambungan program ini untuk mewujudkan pembangunan Indonesia seutuhnya yang berangkat dari pembangunan yang ada di desa.
Besar harapan Bupati Minut agar 125 desa di Minut dapat bergerak maju dan berkomitmen mereplikasi dan mengembangkan inovasi dalam membangun desa, yang nantinya akan dituangkan dalam dokumen Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP Desa) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APB Desa) tahun anggaran 2020″, tukas Jane Simons.

Camat Dimembe Ansye Dengah SSos mengatakan, “Kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID) adalah salah satu upaya pemerintah dalam mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan Dandes agar lebih efektif dan efesien melalui rujukan inovasi pembangunan desa serta pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), kewirausahaan dan infrastruktur desa.
BID diharapkan dapat memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan yang partisipatif sehingga penggunaan Dandes tepat sasaran”, ujar Camat Ansye Dengah SSos.

Kegiatan Bursa Inovasi Desa dihadiri seluruh Hukum Tua dan Ketua BPD se-Kecamatan Dimembe, tokoh masyarakat, tokoh agama, serta koordinator Provinsi P3MD dan Inovasi Desa Provinsi Sulut.

reinold

 




error: Content is protected !!