Bupati Panambunan Hadiri Temu Karya Nasional, TTG XX dan PINDesKel Tahun 2018 di Bali

Minahasa Utara43 Dilihat
Presiden RI Ir. Joko Widodo saat membuka kegiatan Temu Karya, TTG XX dan PINDesKel Tahun 2018

 

MINUT – Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan didamping Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bobby Najoan  dan Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa Diana Rumambi menghadiri kegiatan Temu Karya Nasional, Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XX dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa/Kelurahan (PINDesKel) Tahun 2018 di Garuda Wisnu Kencana (GWK) Pulau Bali,  Jumat (19/10/18).

 

Temu Karya Nasional, Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XX dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa / Kelurahan (PINDesKel) di buka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo didampingi Ibu negara Iriana Joko Widodo.

 

Presiden Jokowi dalam sambutannya mengatakan, setelah mengeluarkan Dana Desa, Pemerintah juga akan mengeluarkan program Dana Kelurahan yang rencananya akan di mulai pada awal tahun depan. Kebijakan tersebut di keluarkan pemerintah karena banyaknya keluhan dari masyarakat terkait dana untuk tingkat masyarakat.

Baca juga:  BPJN Sulawesi Utara Kebut Pengerjaan Jalan Nasional Jelang Arus Mudik Lebaran
Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa Diana Rumambi, Dolly Kenap  Kabid P Pemdes, Vione Muntu Kasubag Kepegawaian, Agustien Wenas Kasie Sumber Daya Alam dan Teknologi Tepat Guna, Inggrit Londong Kasie Bumdes dan Nortje Karundeng Staff saat mengikuti kegiatan Temu Karya Nasional TTG XX dan PINDesKel Tahun 2018 di Bali.

 

Bupati Vonnie Anneke Panambunan mengungkapkan apresiasinya kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

 

“Saya sangat mengapresiasi akan langkah-langkah dari Bapak Presiden Joko Widodo, yang salah satunya akan adanya dana kelurahan di tahun yang akan datang, sesuai dengan salah satu program Nawacipta membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dalam kerangka negara kesatuan,” ungkap Bupati Vonnie Anneke Panambunan.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bobby Najoan melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa, Diana Rumambi mengatakan, kegiatan Temu Karya Nasional, Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XX dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa/Kelurahan (PINDesKel) 2018 ini berlangsung selama empat hari, 19-22 Oktober 2018 dan di ikuti para peserta Camat, Hukum Tua, Lurah dan Perangkat Desa dari seluruh Indonesia.

Ketua DPRD Minut Berty Kapojos di dampingi Camat, Lurah dan Hukum Tua Minahasa Utara saat mengikuti temu karya Nasional TTG XX dan PIMDesKel 2018.

 

Baca juga:  Lokakarya DPPKB, Edwin Wantah : Komitmen Bupati Fokus Percepatan Pencegahan dan Penanganan Stunting

Dikatakannya dalam kegiatan ini, seluruh peserta mengikuti berbagai rangkaian kegiatan, berbagi pengalaman, tentang apa yang telah di lakukan oleh Pemerintah Provinsi/Kabupaten, Kota dalam memajukan Kota dan Kelurahan di wilayah masing-masing.

 

“Selain itu para peserta juga melakukan kunjungan lapangan di Bali yakni Desa Kutuh, Desa Punggul, Kelurahan Kubu dan Kelurahan Kasiman. Ke empat desa tersebut merupakan Desa Berprestasi, yang terpilih berdasarkan prestasi Perangkat Desa dan Kelurahan setempat dalam memajukan wilayahnya masing-masing.ara peserta aktif berdiskusi untuk menggali potensi dan keunggulan tata kelola desa maupun kelurahan setempat,” ujar Kabid Diana Rumambi.

 

Turut hadir dalam kegiatan Temu Karya Nasional, Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XX dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa/Kelurahan PINDesKel 2018 Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo dan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey. (reinold)