Search
Senin 17 Februari 2020
  • :
  • :

Desa Watutumou II Gelar Pelatihan BumDes

 

Minut – Pemerintah Desa Watutumou II Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara di bawah kepemimpinan Delfi Baweda menggelar pelatihan bagi pengurus Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang di selenggarakan di balai desa pada Rabu, 22 Januari 2020.

Pelatihan bagi pengurus Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di buka oleh Camat Kalawat Alexander Warbung, 

Hukum Tua (Kumtua) Watutumou II, Defli Bawanda mengatakan, “Pelatihan ini sangat penting untuk memberikan pemahaman terkait pengelolaan Bumdes. Apalagi, Bumdes Watutumou II bergerak di bidang simpan pinjam dan kuliner. Bumdes di desa ini sudah terbentuk sejak tahun 2017 silam dan paling banyak bergerak di bidang simpan pinjam, misalnya untuk usaha kuliner”, ujar Hukum Tua Defli Bawanda.

Lanjutnya, “Pemerintah desa pada tahun ini akan menganggarkan tambahan modal bagi Bumdes sebesar Rp.50 juta. Bahkan dalam waktu dekat ini, pemerintah desa akan melaksanakan musyawarah untuk pembentukan pengurus yang baru. Pemerintah desa setiap tahun mengalokasikan tambahan modal Rp.50 juta dan usaha Bumdes ini bisa berjalan dengan baik. Untuk pergantian pengurus Bumdes, itu wajib dilaksanakan setiap 3 tahun”, tukas Defli Bawanda.

Sementara itu, Jimmy Rembet, tenaga ahli Pemkab Minut, sebagai nara sumber, dalam materinya mengatakan, “Untuk memaksimalkan Bumdes, perlu perhatian dari pemerintah desa. Warga pun yang menjadi pengguna jasa Bumdes, diminta agar bisa mentaati aturan yang ada demi kelangsungan Bumdes tersebut. Sebab, sebagian besar Bumdes yang memberikan ini produk simpan pinjam, banyak yang tidak jalan karena faktor peminjam yang tidak mengembalikan uang pinjaman. Sebaiknya, kalau ada warga yang meminjam dan malas mengembalikan pinjaman, hendaknya diumumkan lewat pengeras suara di kantor desa. Itu upaya yang lebih baik agar peminjam tahu kewajibannya”, tukas Jimmy Rembet.

 

(rei)