Search
Sabtu 24 Agustus 2019
  • :
  • :

Dinas Pangan Gelar Technical Meeting Jelang Lomba Cipta Menu B2SA

Kepala Dinas Pangan Ir. Johana Manua Saat pimpinĀ  Technical Meeting Lomba Cipta Menu

 

Minut – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) di bawah kepemimpinan Bupati Vonnie Anneke Panambunan STh dalam hal ini Dinas Pangan Kabupaten Minahasa Utara yang di kepalai Ir. Johana Manua menggelar Technical Meeting terkait Lomba Cipta Menu “Beragam Bergizi Seimbang dan Aman” (B2SA) di kantor Dinas Pangan pada Selasa, 13 Agustus 2019.

Technical Meeting Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) di buka langsung oleh Kepala Dinas Pangan Ir. Johana Manua di dampingi Kepala Bidang Konsumsi dan Penganekaragaman Pangan, Jansen Matheos SE., MM. yang dalam penyampaiannya mengatakan, “Pelaksanaan Lomba Cipta Menu yang akan di selenggarakan pada tanggal 17 Agustus 2019 nanti bertempat di atrium kantor Bupati Minut. Kegiatan ini sudah menjadi kegiatan tahunan yang di gelar dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia”, ujar Kadis Ir. Johana Manua.

 

Lanjutnya, “Tujuan daripada kegiatan lomba cipta menu ini untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman B2SA. Selain itu, juga untuk meningkatkan pemahaman peserta dalam penerapan prinsip B2SA, mendorong dan meningkatkan kreativitas dalam mengembangkan dan menciptakan menu B2SA berbasis pangan lokal”, ujar Johana Manua.

Lanjutnya, “Dengan Lomba Cipta Menu ini, di harapkan dapat mengembangkan ide-ide dalam mengolah bahan makanan menjadi menu makanan tradisional yang sehat, yang di sajikan di dalam keluarga dan masyarakat, menjadikan keluarga sehat dan bergizi sehingga tidak ada anak yang kekurangan gizi”, tukas Kadis Pangan Ir. Johana Manua.

“Sasaran dari Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) adalah percepatan penganekaragaman konsumsi pangan berbasis sumber daya lokal dengan peserta anggota Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Kabupaten Minahasa Utara”, imbuh Johana Manua.

Dalam kesempatan yang sama ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa Utara Dyana Dondokambey Kesanti SH mengatakan, “Nantinya Lomba Cipta Menu yang akan di ikuti oleh TP-PKK di 10 Kecamatan yang ada di Minut memiliki Kriteria Penilaian Lomba. Adapun kriteria dalam penilaian yang pertama adalah penilaian resep menu 1 hari dengan kecukupan menu keluarga sesuai porsi dan yang kedua adalah penilaian pada saat lomba, yang termasuk penilaian pada saat lomba yaitu : Keseimbangan menu sesuai porsi, Keanekaragaman jenis bahan pangan, Kreatifitas pengembangan resep dengan memanfaatkan pangan local, Citarasa, Tampilan dan aspek keamanan pangan, Penyajian makanan dan Aplikatif”, ujar Dyana Dondokambey Ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa Utara menjelaskan.

Lanjutnya, “Untuk Menu lomba : menyusun menu B2SA untuk satu keluarga yang terdiri dari ayah (35 tahun), ibu (32 tahun), anak perempuan (7 tahun) dan anak laki-laki (2 tahun)”, tambah Dyana Dondokambey.

Technical meeting Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) ini di hadiri oleh peserta lomba, TP-PKK Kecamatan yang ada di Kabupaten Minahasa Utara.

reinold




error: Content is protected !!