Festival Pulau Komang Gelar Berbagai Lomba

Minahasa Utara44 Dilihat
Panitia Festival Pulau komang saat foto bersama dengan Pemkab Minut dan Anggota DPRD Minut Denny Sompie yang juga sebagai ketua panitia.

 

Minut – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara(Minut), dalam hal ini Pemerintah Desa Kalinaun Kecamatan Likupang Timur (Liktim) menggelar Festival Pulau Komang yang di selenggarakan pada Selasa, 10 Desember 2019.

Festival Pulau Komang yang di gelar dalam rangka upaya menarik wisatawan lokal maupun mancanegara, mampu mengundang animo masyarakat yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan yang antusias untuk mengikuti berbagai lomba yang di gelar dengan memperebutkan hadiah jutaan rupiah.

Adapun lomba yang dilaksanakan yakni lomba perahu hias, lomba katinting 16 PK, lomba perahu katinting double gear 16 PK, lomba perahu katinting 18 PK, lomba perahu 18 PK mesin tempel, lomba perahu dayung 3 orang dan lomba tambang perahu laki-laki 5 orang.

Baca juga:  Dukung Pariwisata, Event Kustomain Unity 2023 Siap digelar

 

 

Perahu hias

Menariknya, Forum Jurnalis Biro (Forjubir) Minut juga ikut berpartisipasi memeriahkan Festival Pulau Komang dengan mengikuti lomba tarik tambang perahu dan lomba perahu dayung 3 orang.

Ketua panitia Festival Pulau Komang, Denny Sompie SE yang akrab disapa Desom mengatakan, “Tujuan dilaksanakannya Festival Pulau Komang ini untuk memacu pariwisata di Sulawesi Utara khususnya di Kabupaten Minahasa Utara dimana potensi wisata bahari yang dikolaborsi dengan mata pencarian masyarakat sebagai nelayan.

Festival ini sengaja dibuat di Kalinaun karena Pulau Komang memiliki pesona yang cukup menjanjikan sebagai salah satu wisata bahari yang sangat layak dinikmati oleh wisatawan.

“Saya berharap dengan kegiatan ini akan lebih banyak wisatawan yang mengenal Pulau Komang, sehingga berdampak pada kesejahteraan nelayan karena memberikan kesempatan bagi warga nelayan yang biasanya menggunakan perahu untuk menangkap ikan dan mengantar wisatawan ke Pulau Komang. Ini juga guna menunjang KEK Pariwisata Likupang,” tambah Ketua Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Minut.

Baca juga:  HUT KE-810, Bupati Joune Ganda Suport Desa Sawangan Masuk 100 Desa Wisata Indonesia

(rei)