Kadis Pangan Hadiri Rakernas Pembangunan Ketahanan Pangan Nasional Tahun 2020 di Bogor

Minahasa Utara28 Dilihat

 

Minut – Kepala Dinas Pangan Kabupaten Minahasa Utara Ir. Johana Manua M.Si hadir dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pembangunan Ketahanan Pangan Nasional yang di gelar Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia, di Bogor, pada Selasa, 28 Januari 2020.

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pembangunan Ketahanan Pangan yang di hadiri oleh 600 peserta yang terdiri dari Kepala Dinas Pangan provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia, pejabat eselon 2, 3 dan 4 lingkup Badan Ketahanan Pangan di buka langsung oleh Agung Hendriadi, Badan Ketahanan Pangan Nasional Kementerian Pertanian.

Kadis Pangan Minut Ir. Johana Manua M.Si di dampingi Sekretaris  Pangan  Agustin Tiwouw SIP MAP

 

“Rakernas sangat penting dilakukan untuk mewujudkan pembangunan pangan dan pertanian yang maju, mandiri, dan modern. Untuk mendukung pencapaian target pembangunan ketahanan pangan, melalui pertemuan ini kita perlu menyamakan persepsi, komitmen dan langkah yang cepat dan tepat dalam pelaksanaan program kerja dan kegiatan Ketahanan Pangan Tahun 2020,” ujar Agung Hendriadi Badan Ketahanan Pangan Nasional Kementerian Pertanian

Baca juga:  Sertijab Camat Wori, Palandung : Bekerjasama Wujudkan Minut Hebat

Lanjutnya, “Tahun 2020 BKP fokus pada pengentasan daerah rentan rawan pangan dan penurunan stunting, melalui berbagai intervensi program dan kegiatan. BKP juga fokus pada penguatan pasokan, distribusi dan cadangan pangan, dan pengembangan diversifikasi dan industri pangan lokal”, ujar Agung Hendriadi.

Kepala Dinas Pangan Minut Ir. Johana Manua M.Si. mengatakan, “Di tahun 2020 ini kita punya kegiatan inisiatif yaitu pertanian keluarga/family farming dan Pertanian Masuk Sekolah yang fokus pada upaya pengentasan daerah rentan rawan pangan. Selain itu, optimalisasi pemanfaatan pekarangan dilakukan melalui kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) yang merupakan transformasi dari KRPL.

Di Kabupaten Minahasa Utara sendiri, program P2L/KRPL sudah terlaksana dengan baik. Kegiatan ini nantinya tidak hanya fokus pada kelompok wanita tani, tetapi akan diperluas jangkauannya ke karang taruna, atau lembaga lainnya, sehingga masyarakat berdaya dan mampu memenuhi kebutuhan pangannya secara mandiri”, ujar Ir. Johana Manua M.Si.

Baca juga:  Berkas Pendaftaran Calon Gubernur Vonnie Anneke Panambunan (VAP) dan Wakil Hendry Runtuwene (HR) Diterima KPU Sulut

Lanjutnya, “Dalam rakernas ini juga dilakukan penandatanganan pakta integritas oleh seluruh Kepala Dinas yang menangani Pangan Provinsi dan Kab/Kota untuk komitmen melaksananakan program dan kegiatan 2020. Pakta Integritas ini sangat penting sebagai wujud komitmen bersama dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan.

Ini tugas utama kita. jadi kita harus maksimalkan peran kita lebih giat lagi di 2020 untuk pembangunan ketahanan pangan ke depan, terlebih dalam mengamankan ketersediaan pangan di Kabupaten Minahasa Utara”, tukas Johana Manua.

(rei)