Search
Senin 14 Oktober 2019
  • :
  • :

Kauditan, Kecamatan Pertama Gelar Bursa Inovasi Desa

Camat Kauditan Martho Rasubala S.Sos

 

Minut – Pemerintah Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara di bawah kepemimpinan Martho Rasubala S.Sos menggelar Bursa Inovasi Desa yang di selenggarakan di Kantor Camat Kauditan pada Selasa, 09 Juli 2019.

Bupati Vonnie Anneke Panambunan STh yang di wakili oleh Assisten 1 Bagian Pemerintahan Dr. Jane Simons MKes dalam sambutannya mengatakan, “Mengapresiasi Pemerintah Kecamatan Kauditan di bawah kepemimpinan Martho Rasubala yang pertama kali menggelar Bursa inovasi Desa (BID) dari 10 kecamatan yang ada di Minahasa Utara. Program Bursa Inovasi Desa (BID) ini merupakan program Kementrian Desa, yang merupakan program pertukaran dan pengelolaan pengetahuan hasil pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa yang di nilai Inovatif”, ujar Assisten I Dr. Jane Simons.

Lanjutnya, “Kegiatan BID ini salah satu upaya pemerintah untuk mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan Dana Desa agar lebih efektif dan efisien melalui rujukan inovasi pembangunan desa serta pembangunan potensi ekonomi lokal, pengembangan sumber daya manusia, kewirausahawan dan infrastruktur desa”, tukas Dr. Jane Simons.

 

Di kesempatan yang sama Camat Kauditan Martho Rasubala S.Sos mengatakan, “Datang, komitmen, tiru, maju. Ini bertujuan sebagai ajang diseminasi informasi pokok terkait Program Inovasi Desa dan Dana Desa. Selain itu, juga bertujuan memperkenalkan inisiatif atau inovasi masyarakat yang mendukung peningkatan kualitas pembangunan.

Program Inovasi Desa mempunyai tujuan untuk meningkatkan kapasitas Pemerintah Desa dalam mengembangkan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan yang bersumber dari dana desa.

Inovasi ini selanjutnya diharapkan dapat ditularkan secara luas. Program Inovasi Desa (PID) juga memberikan dukungan teknis terhadap penyediaan jasa teknis secara profesional. Melalui inovasi dan pertukaran pengetahuan tersebut, akan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap investasi desa, dimana kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi melalui pembangunan.

Berharap, Program Inovasi Desa (PID) dapat menjawab kebutuhan desa terhadap layanan teknis yang berkualitas, dan dapat merangsang munculnya inovasi dalam praktik pembangunan, serta memunculkan solusi inovatif untuk menggunakan dana desa secara tepat dan efektif sehingga menjadikan Desa Desa di kecamatan Kauditan menjadi Desa yang maju, mandiri dan sejahtera sesuai dengan visi dan misi Bupati Minahasa Utara dalam menjadikan Kabupaten Minahasa Utara Agribisnis, Industri dan Pariwisata secara terpadu serta berkelanjutan di tahun 2021 dan bekerja sesuai
dengan moto : Melayani, Mengasihi dan Mensejahterakan Masyarakat Minahasa Utara”, tukas Camat Martho Rasubala lugas.

Bursa Program Inovasi Desa di hadiri juga oleh Kepala Dinas PMD Boby Najoan, TPID Kabupaten MinutĀ  Welly Pinontoan, BPD, Dewan Kesenian Kabupaten Minut Jean Waturandang seluruh Hukum Tua dan Sekdes yang ada di Kecamatan Kauditan dan pendamping desa.

reinold