Search
Senin 13 Juli 2020
  • :
  • :

Menekan Inflasi Daerah, Manua : Mari Tanam Pohon Buah Lokal

Kepala Dinas Pangan Ir. Johana Manua

 

Minut – Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) di bawah kepemimpinan Bupati Vonnie Anneke Panambunan S.Th dalam hal ini Dinas Pangan Minut yang di Kepalai Ir. Johana Manua mengajak masyarakat untuk gemar menanam pohon buah lokal di pekarangan rumah maupun di kebun.

Kadis Pangan Ir. Johana Manua mengatakan, “Sejak tahun 2010, Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian RI telah melaksanakan kegiatan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP) yang juga merupakan perwujudan dari Peraturan Presiden Nomor 22 Tahun 2009 tentang kebijakan percepatan penganekaragaman konsumsi pangan berbasis sumberdaya lokal. Yang ditindak lanjuti oleh Peraturan Menteri Pertanian Nomor 43 tahun 2009 tentang Gerakan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan berbasis sumberdaya lokal”, ujar Ir. Johana Manua.

Lanjutnya, “Berdasarkan hal tersebut, mengajak masyarakat Kabupaten Minahasa Utara untuk mengoptimalkan pemanfaatan lahan pekarangan melalui Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dengan menanam pohon buah lokal di pekarangan rumah maupun di kebun”, tukas Ir. Johana Manua.

“Ini sesuai dengan himbauan Kementan yang menghimbau masyarakat untuk mengkonsumsi buah lokal ketimbang buah import, menghimbau masyarakat agar mengkonsumsi hasil tanaman pangan dari hasil dalam negeri. Bila tidak bisa tanam sendiri, minimal makanlah jenis serupa dengan hasil dari tanah sendiri.

Kualitas buah dan tanaman pangan asli Indonesia, khususnya Minahasa Utara kualitasnya sama enaknya, bahkan ada yang lebih tinggi di bandingkan kualitas impor. Buah lokal seperti Pisang, Pepaya, Rambutan, Kelapa, Nanas, Rambutan, Matoa merupakan buah lokal yang sama kualitas dan enaknya. Makanya, mulai dari diri sendiri, biasakan untuk mengkonsumsi buah lokal hasil dari tanah sendiri”, tukas Ir. Johana Manua mengutip himbauan Kementan.

“Memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam pohon buah lokal dapat mengantisipasi kekurangan pangan di tingkat rumah tangga dan juga membantu pemerintah dalam rangka menekan inflasi daerah. Selain itu, dengan menanam pohon buah lokal juga berkembangnya kemampuan keluarga dan masyarakat secara ekonomi dan sosial dalam memenuhi kebutuhan pangan dan gizi secara lestari menuju keluarga dan masyarakat yang sejahtera terlebih dalam upaya Dinas Pangan Minut mendukung program Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dibawah kepemimpinan Bupati Vonnie Anneke Panambunan STh untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan untuk menjadikan Kabupaten Minahasa Utara Agribisnis Industri dan Pariwisata secara terpadu serta berkelanjutan di tahun 2021”, tutur Kadis Pangan Minut Ir. Johana Manua.

reinold