Search
Sabtu 24 Agustus 2019
  • :
  • :

MPLS SMKN 1 Airmadidi Gandeng TNI, Onibala : Bentuk Karakter Nasionalisme Siswa

Kepala Sekolah SMK N 1 Airmadidi Weddy Onibala SPd MM

 

Minut – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Airmadidi menggandeng Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk membina para peserta didik baru. Pembinaan difokuskan pada karakter nasionalisme siswa dengan materi mengacu pada Kemendikbud.

Hal ini di katakan Kepala SMKN 1 Airmadidi Weddy Onibala SPd MM kepada awak media Speednews pada hari pertama sekolah, Senin, 15 Juli 2019.

“Pada Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang akan berlangsung selama lima hari, kami (SMKN 1 Airmadidi) melibatkan personel TNI Koramil Airmadidi untuk penyelenggaraan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), dengan penguatan materi dasar berkaitan nasionalisme, bela tanah air, cinta tanah air, sebagai bagian dari penguatan pendidikan karakter siswa”, ujar Kepala SMKN 1 Airmadidi Weddy Onibala SPd MM.

Lanjutnya, “Karakter utama yang diajarkan adalah mengenai nasionalisme, yang bertujuan untuk menangkal paham radikalisme di kalangan siswa. Materi pembinaan akan bersumber kepada penyiapan karakter siswa berdasarkan empat pilar kebangsaan Indonesia, yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika. Hal ini untuk menyiapkan karakter siswa dalam menghadapi masa depan. Materi Cinta tanah air, bela negara akan disiapkan, menyesuaikan dengan materi Kemendikbud”, tukas Onibala.

“Kegiatan upacara bendera dan latihan baris berbaris merupakan bentuk pembinaan nasionalisme paling mendasar bagi siswa. Ada penanaman cinta tanah air dan bela negara, kemudian disesuaikan dengan kebutuhan siswa.

SMKN 1 Airmadidi Tahun Ajaran 2019/2020 ini mempunyai 480 peserta didik, yang di bagi menjadi 15 kelas, dengan 10 jurusan bidang studi.

Tujuan MPLS yaitu, mengenali potensi diri siswa baru, membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, menumbuhkan motivasi dan semangat belajar efektif bagi siswa baru, mengembangkan interaksi positif antara siswa dan warga sekolah lainnya dan menumbuhkan perilaku positif dalam diri siswa”, ujar Kepala SMKN 1 Airmadidi Oniba menjelaskan.

Hari Pertama Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMKN 1 Airmadidi di awali dengan Upacara Bendera yang di rangkaian dengan penyerahan peserta didik, dari pihak orang tua (Komite Sekolah) kepada pihak sekolah yang di terima langsung oleh Kepala SMKN 1 Airmadidi Weddy Onibala SPd MM.

Reinold




error: Content is protected !!