Search
Senin 25 Januari 2021
  • :
  • :

Polres Minut Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2020

Kapolres Minut AKBP Grace RahakBau SIK MSi

 

Minut – Kepolisian Resor (Polres) Minahasa Utara (Minut) di bawah kepemimpinan Kapolres AKBP Grace Rahakbau SIK MSi melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2020 di lapangan Mapolres Minut pada Senin, 21 Desember 2020.

Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2020 diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran Polri, mulai dari tingkat Mabes Polri hingga kesatuan kewilayahan.

Kapolres AKBP Grace Rahakbau SIK MSi mengatakan, “Tujuan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2020 sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin 2020 dalam rangka pengamanan perayaan Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru).

Pengecekan ini baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan Mitra Kamtibmas lainnya. Ini pengecekan akhir gelar pasukan sebelum pengamanan. Di wilayah hukum Minahasa Utara sendiri ada 8 pos pengamanan “, ujar Kapolres AKBP Grace Rahakbau SIK MSi

“Oleh karena itu, Polri menyelenggarakan Operasi Lilin 2020 yang akan dilaksanakan selama 15 hari. Dimulai dari tanggal 21 Desember 2020 sampai dengan tanggal 4 Januari 2021 dengan mengedepankan kegiatan Preemtif, Preventif dan Represif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional.

Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru (Nataru) dengan rasa aman dan nyaman. Jangan sampai kegiatan perayaan Nataru menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran Covid-19,” harapnya.

Bupati Minahasa Utara (Minut). DR. (HC) Vonnie Anneke Panambunan STh bertindak sebagai Inspektur Upacara (IRUP) pada Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2020 yang di ikuti oleh unsur TNI, Polri, Pol PP, Damkar, Basarnas dan BPBD.

Beberapa penekanan untuk di pedomani guna mendukung keberhasilan dalam melaksanan tugas :

1. Siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa;

2. Lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang;

3. Tingkatkan kepekaan kewaspadaan kesiap siagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi segala kemungkinan terjadinyan aksi teror kriminalitas yang memanfaatkan momen Natal;

4. Laksanakan pengamanan profesional dan humanis, berikan pelayanan yang terbaik;

5. Laksanakan penegakan hukum secara profesional dan proposional pelaksanaan operasi;

6. Mantapkan kerja sama dan sinergitas;

7. Tetaplah menjadi keteladanan bagi keluarga dan masyarakat yang selalu menerapkan protokol kesehatan.

enol