Search
Senin 13 Juli 2020
  • :
  • :

Presiden RI Joko Widodo Tinjau Langsung KEK Pariwisata di Likupang

Presiden RI Ir. Joko Widodo di dampingi Gubernur Sulut Saat meninjau KEK Pariwisata di Likupang Minahasa Utara

 

 

Minut – Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo melakukan Kunjungan Kerja ke Sulawesi Utara, khususnya Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Likupang Timur, Minahasa Utara, Sulawesi Utara pada Kamis, 04 Juli 2019.

Kunjungan Presiden RI Joko Widodo di dampingi Ibu Negara Iriana bersama jajaran menteri dan rombongan, di terima langsung oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE dan Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan STh.

Dalam kunjungan tersebut Presiden RI Joko Widodo memantau langsung pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang Timur yang dalam penyampaiannya mengatakan, “Mengapresiasi peningkatan pariwisata di Sulawesi Utara, terbukti, di Airport, kunjungan sebelumnya 2 juta orang, sekarang menjadi 6 juta orang.

 

Ibu Negara RI Iriana di dampingi Ketua TP PKK Sulut Ir. Rita Tamuntuan Dondokambey Dan Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan.

Oleh sebab itu perlu kerja yang terintegrasi antara pemerintah Daerah, Provinsi maupun Pusat dalam meningkatkan pariwisata di Sulawesi Utara.

Contohnya pengajuan Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Likupang, semua kita akan selesaikan. Potensi Pariwisata yang ada di Likupang sangat banyak. Ini mengundang investasi. Dari berbagai maskapai dan travel menyampaikan keinginannya mengunjungi Sulawesi Utara, khususnya Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Likupang Minahasa Utara ini.

 

Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan Saat menerima Kunjungan Presiden RI Ir. Joko Widodo di dampingi Ibu Negara Iriana

Ada yang sudah siap, ada yang belum siap. Untuk itu, pemerintah pusat akan mem Back Up hal-hal yang perlu di selesaikan di Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Likupang. Penunjang pariwisata, pembangunan infrastuktur, pelebaran jalan, pembangunan jalan tol yang harus di rampungkan dan pembangunan tata ruang.

Semua ini akan di selesaikan dalam rapat terbatas. Ada Menteri, Gubernur, Walikota dan Bupati. Semua ada, jadi semua akan di selesaikan dalam rapat terbatas”, ungkap Presiden RI Joko Widodo.

Lanjutnya, “Khusus Sulawesi Utara, di bidang Pariwisata, tidak ada masalah, semua sudah di identifikasi. Kerja yang paralel, pelaku kerja, pemerintah juga kerja.

Untuk meningkatkan Pariwisata, Kementrian Pariwisata, Pemerintah Daerah harus membuat event yang pasti, mempesona, mengundang daya tarik turis manca negara dan turis lokal untuk mengunjungi daerah pariwisata yang ada di Sulawesi Utara. Jadi, ada tontonan bagi wisatawan. Ada banyak event. Semua harus di siapkan, minimal setiap minggu ada event yang di tampilkan. Banyak tontonan budaya yang bisa di tampilkan.

Begitupun bagi masyarakat, sebagai daerah kunjungan wisata, kita harus menunjukkan budaya yang baik, budaya bersih, budaya senyum dan budaya melayani, tentu saja semua hal yang berkaitan dengan budaya. sampai hal-hal kecil seperti urusan restoran dan kebersihan toiletnya, ini tidak mudah. Ini pekerjaan besar”, ujar Presiden RI Ir. Joko Widodo.

Bupati Vonnie Anneke Panambunan mengatakan, “Mengucapkan terima kasih atas kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo dan rombongan yang datang langsung memantau pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Likupang, bangga dan bersyukur Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Likupang menjadi prioritas pembangunan pariwisata Pemerintah Pusat, tentunya Pemerintah Daerah Kabupaten Minahasa Utara juga terus berintegritas dengan pemerintah pusat dalam meningkatkan pariwisata dan pembangunan di Minahasa Utara” ungkap Bupati Vonnie Anneke Panambunan STh.

reinold