Search
Minggu 25 Oktober 2020
  • :
  • :

Datangi Langsung Kantor BNPB, Walikota GSVL Pastikan Nasib Warga Korban Bencana Banjir Bandang 2014.

Walikota GS vicky Lumentut saat berkonsultasi langsung dengan Kasubdit Rehabilitasi dan Rekonstruksi (RR) bagian Sosial, Ali Bernadus,(foto:ist)

Walikota GS vicky Lumentut saat berkonsultasi langsung dengan Kasubdit Rehabilitasi dan Rekonstruksi (RR) bagian Sosial, Ali Bernadus,(foto:ist)

MANADO,(speednews-manado.com)—Walikota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL) terus melakukan komunikasi bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), guna memastikan nasib warganya yang tertimpah bencana banjir bandang 15 January 2014 lalu.

Pasalnya, di saat bencana dashyat bencana banjir bandang tersebut melanda sebagaian besar waliyah kota manado, GS Vicky Lumentut masih menjabat sebagai Walikota manado. Dan berbagai upaya dilakukan GSVL untuk memperjuangkan nasib warga tertimpah banjir bandang, untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat.

Hingga GSVL akan mangakhiri dan melepaskan masa jabatannya periode pertama (2010-2015) sebagai Walikota manado, beliau masih terus memperjuangkan dan akhirnya pemerintah pusat merestui untuk bantuan penanggulangan bencana tahap I kota manado sebesar 213 Milliar.

Konon bantuan bencana pemerintah pusat sebesar 213 M, pasca GSVL melepas masa jabatannya sebagai Walikota manado pada 8 Desember 2015 lalu. dan kota manado berada pada masa transisi, bantuan penanggulangan bencana banjir bandang mandek atau terhambat. Sehingga masyarakat yang terkena bencana dan sudah terdata nama mereka di BNPB, serta berhak menerima bantuan masih terus mempertanyakan nasib mereka.

Senin (30/5/16) siang, Walikota GSVL mendatangi langsung kantor BNPB yang terletak di Jl Matraman, Jakarta Timur, untuk menemui para pejabat BNPB. Walikota GSVL berhasil menemui pejabat penting di BNPB yakni, Deputi Pencegahan dan Kesigapan BNPB, Wishnu Widjaya dan Kasubdit Rehabilitasi dan Rekonstruksi (RR) bagian Sosial, Ali Bernadus. Untuk memperoleh informasi terbaru, seputar bantuan berupa relokasi dan rehabilitasi rumah warga korban bencana.

Setelah melakukan konsultasi dengan Kasubdit Rehab Rekon Bagian Sosial BNPB Ali Bernadus, Walikota GSVL disarankannya untuk berkonsultasi langsung dengan Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE. Karena kata Bernadus, Pak Gubernur Sulut sejalan dengan Walikota GSVL dan juga pihak BNPB, untuk percepatan penanggulangan bencana bagi warga yang terkena dampak dari bencana banjir bandang di manado.

“ Kami tahu Pak Gubernur juga sejalan dengan Pak Walikota dan kita di sini (BNPB, red), bahwa bantuan untuk korban bencana segera diselesaikan. Jadi perlu Pak Walikota langsung ketemu dengan Pak Gubernur, jangan lewat orang lain (pejabat terkait di daerah, red),” ujar Bernadus, seraya menujukkan sebuah dokumen dan hasil rapat yang dilakukan belum lama ini terkait rekomendasi penyelesaian bantuan untuk korban bencana.

Usulan dan saran itu pun disambut baik oleh Walikota Manado GSVL. Dikatakannya, sepulangnya dari Jakarta pihaknya (GSVL) akan langsung bertemu dan menghadap Pak Gubernur Sulut.

 “Sepulang dari Jakarta, saya akan langsung konsultasi dengan Pak Gubernur, karena masyarakat sudah menunggu,” ujar Walikota GSVL.

 

(romelnayoan)