Search
Sabtu 15 Agustus 2020
  • :
  • :

Olly: Jaga dan Lestarikan Budaya Tulude

SANGIHE- Gubernur Sulut Olly Dondokambey menghadiri Upacara Adat Tulude Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Kepulauan Sangihe, yang digelar di halaman Rumah Jabatan Bupati Sangihe, Selasa (31/1/2017) malam kemarin.

Dalam sambutannya, Gubernur Olly mengatakan, upacara adat Tulude merupakan warisan leluhur yang sangat menarik, khas dan unik yang tidak akan ditemukan di tempat lain di luar Sulawesi Utara.

“Karena ini, merupakan warisan budaya yang penuh makna dan sarat nilai-nilai keimanan terhadap Tuhan yang Maha Kuasa. Dapat dikatakan, bahwa adat Tulude merupakan harta tak ternilai dari Sang Pencipta bagi warga etnis kepulauan Nusa Utara. Sebuah warisan budaya yang memiliki unsur religius,” terang Olly.

Dalam kesempatan itu Gubernur Olly minta agar supaya Tulude ini dapat dikelola dan dilestarikan secara berkelanjutan dalam konteks pembangunan, maka dipastikan Tulude ini akan menjadi kekuatan pendorong menuju kesejahteraan rakyat.

“Karena itu harus terus dipelihara karena akan semakin memperkuat ikatan emosional kita semua, untuk semakin memantapkan harmonisasi kehidupan yang saling membantu, menolong dan saling bergandengan tangan dalam mengemban tugas mulia, yakni kerja membangun daerah. disamping itu, menjadi aset sekaligus investasi daerah dalam kerangka pemantapan pencapaian visi pembangunan kedepan, khususnya dari sektor pariwisata,” jelas Olly.

“Saya percaya, kesemuanya itu akan menjadi bagian kerja dan karya kita kedepan. yang didukung oleh eratnya kebersamaan dan rasa kekeluargaan sehingga menjadi kekuatan prima, karena langkah ini membawa kita pada paradigma baru, yaitu pembangunan diri dengan menggunakan kebudayaan lokal sebagai kekuatan dasar dalam menghadapi derasnya perkembangan globalisasi, sehingga dapat membangun Sulawesi Utara semakin berdaulat, berdikari dan berkepribadian,” tukas Gubernur.

Hadir dalam upacara tersebut Wakil Gubernur Sulut, Dubes Negara Seychelles Niko Barito, Sekprov Sulut, Ketua DPRD Sulut, Forkompinda Sulut, Pejabat Pemprov Sulut, Penjabat Bupati Sangihe, DPRD Sangihe, Forkompinda Sangihe, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat serta para tamu undangan.

(emmanuelbudi)