Search
Senin 21 September 2020
  • :
  • :

PT Pertamina MOR VII Salurkan Bantuan Modal Usaha Sebanyak Rp 2 M Bagi UMKM di Sulut

 

MANADO –  PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) VII tetap memberikan bantuan program kemitraan di tengah pandemi covid-19. Bantuan modal yang disalurkan adalah sebesar Rp 2 miliar bagi 41 orang yang memiliki Usaha MikronKecil dan Menengah (UMKM) di Sulawesi Utara, Rabu (20/05/20).

 

Dari 41 pelaku UMKM tersebut, sebanyak 27 orang berasal dari Kota Manado, sedangkan sisanya berasal dari Kabupaten Minahasa 8 orang, 4 orang dari Kabupaten Bolaang Mongondow dan 2 orang dari Kota Tomohon. Sektor usaha merekapun beragam, mulai dari sektor perdagangan, jasa, perikanan, peternakan hingga industri rumahan.

 

Unit Manager Communication & CSR MOR VII, Hatim Ilwan, menjelaskan bahwa sebelum dilakukan penyaluran bantuan modal pelaku UMKM tersebut telah melalui tahap survey usaha oleh petugas dari Pertamina. “Survey telah dilakukan sebelum pandemi Covid-19 merebak,” jelasnya.

 

Penyaluran bantuan modal ini tetap memperhatikan standar keamanan dan kesehatan Covid-19 dimana dalam prakteknya meminimalisir kontak secara langsung maupun pengumpulan massa.

 

“Sosialisasi cara pembayaran maupun pengisian kelengkapan dokumen dilakukan secara daring atau online,” lanjut Hatim.

 

Tahun 2020 ini, Pertamina MOR VII menargetkan penyaluran bantuan modal usaha bagi pelaku UMKM di wilayah Sulawesi sebesar Rp 16 miliar. Sampai dengan bulan Mei 2020, Pertamina MOR VII telah menyalurkan bantuan modal sebesar Rp 3,045 miliar kepada 67 orang pelaku UMKM di Provinsi Sulawesi Selatan dan Gorontalo.

 

Pelaku UMKM merupakan salah satu kelompok yang terdampak sangat besar akibat pandemi Covid-19. Banyak dari mereka harus gulung tikar atau banting setir ke usaha lainnya agar tetap bisa berpenghasilan. Dengan tetap melakukan penyaluran bantuan modal walaupun di tengah keterbatasan, Pertamina ingin mengajak semua pelaku UMKM untuk terus kreatif dan inovatif agar usaha yang mereka jalankan tidak tumbang.

 

“Bantuan modal Program Kemitraan Pertamina terbuka sepanjang tahun 2020 ini. Kami membuka kesempatan bagi seluruh pelaku UMKM di Sulawesi untuk dapat melakukan pengajuan proposal bantuan modal dengan syarat-syarat yang bisa dilihat di website Pertamina dengan alamat www.pertamina.com/id/pkbl,” pungkasnya. (Afr)