Search
Selasa 29 September 2020
  • :
  • :

Badan Kesbangpol Kota Tomohon Sosialisasikan Pemilu 2019

Pemilu 2019

Kaban Kesbangpol Theodorus Paat,SIP saat memerikan sambutan (foto: ist)

 

 

TOMOHON – Pemerintah Kota Tomohon melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar Sosialisasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Kecamatan se-Kota Tomohon. Kali ini sosialisasi dilaksanakan untuk Kecamatan Tomohon tengah di aula GBI Glow, Rabu (0/5/18).

 

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman, SE.Ak dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Bidang Umum Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir. Corry Caroles mengatakan bahwa peran pemerintah daerah dalam penyelenggaraan pemilihan umum di tahun 2019 sangat menentukan dalam rangka memberikan pendidikan pokok bagi masyarakat khususnya pemilih pemula di Kota Tomohon.

 

Pemerintah menjalankan peran dan fungsinya sebagaimana diatur dalam Peraturan Perundang-Undangan yang ada yaitu dalam Undang-Undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum.

 

“Saya berharap kiranya semua peserta sosialisasi memanfaatkan kegiatan ini sebagai wahana peningkatan pemahaman atas peraturan perundang-undangan di bidang Politik khususnya tahapan pemilihan umum tahun 2019, sehingga partisipasi aktif masyarakat dalam pemilu di Kota Tomohon di Kota Tomohon akan semakin meningkat serta aman dan lancar pelaksanaannya,” ujar Wali Kota Eman seperti dikutip assisten III Ir corry Caroles.

 

Sementara itu, kepala Badan kesatuan Bangsa dan Politik Kota Tomohon Theodorus Paat, SIP. dalam laporannya menjelaskan bahwa maksud dan tujuan dari sosialisasi ini yaitu untuk meningkatkan pendidikan politik masyarakat dan pemahaman tentang pemilihan umum 2019 berdasarkan peraturan perundang-Undangan yang berlaku serta terciptanya pelaksanaan pemilahan umum 2019 yang aman, lancar, tertib dan sukses di Kota Tomohon.

 

Diketahui, sebelumnya Ketua KPU Kota Tomohon Beldie Tombeg.ST.M.Ars sudah memberikan materi terkait Pemilu 2019, begitu juga dengan Ketua Panwaslu Kota Tomohon, Wakapolres dan Dandim 1302 Minahasa masing-masing memberikan materi terkait Pemilu 2019.

 

Hadir juga dalam sosialisasi ini para narasumber yaitu Dandim 1302 Minahasa Letkol. Inf. Nixon Purnama, S.Th., Wakapolres Tomohon Kompol. Joyce Wowor, Ketua KPU Kota Tomohon Beldie Tombeg, ST. M.Ars., dan Ketua Panwaslu Kota Tomohon Jack Budiman, SH., beserta para peserta dari utusan kelurahan se- Tomohon tengah. (denny)