Search
Senin 14 Oktober 2019
  • :
  • :

BKIPM Dorong Peningkatan Kesadaran Karantina dan Mutu Perikanan

 Bulan Bakti Karantina

Foto bersama usai kegiatan bulan bakti karantina (Foto: humas)

 

TOMOHON – Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan atau BKIPM Manado menggelar kegiatan bulan bakti karantina dan mutu hasil perikanan 2019 yang bertajuk Gemasatukata (Gerakan masyarakat sadar mutu dan karantina) di BPU Kelurahan Tumatangtang, Kamis (11.07/19).

 

Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk sosialisasi dan penyerahan bantuan berupa pembagian ikan sehat bermutu dan aman kepada anggota masyarakat sebagai peserta, kali ini untuk anggota masyarakat Kelurahan Tumatantang, Tumatantang satu dan Kampung Jawa.

 

Kepala BKIPM Manado Mohammad Hatta Arisandi menjelaskan kegiatan ini berlaku diberbagai daerah di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, termasuk di Sulawesi Utara dan saat ini dilaksanakan di Kota Tomohon. Sebanyak 1.165 kg ikan segar akan disalurkan kepada masyarakat lewat kegiatan saat ini.

 

“Selain itu 1200 ikan kaleng kami akan bagikan di lokasi pusat Kota Tomohon kepada masyarakat umum. Kegiatan ini juga sebagai bagian kemitraan, kerjasama dengan unit pengelolaan ikan di Sulut,” terang Arisandi.

 

Kepala pusat pengendalian mutu BKIPM Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Widodo Sumiyanto menambahkan bahwa kegiatan ini dalam rangka bulan bakti karantina ikan dan mutu hasil perikanan, dengan membagikan ikan sehat dan bermutu bagi masyarakat.

 

“Sosialisasi kepada masyarakat untuk mengkomsumsi ikan karena mempunyai banyak manfaat positif. Disisi lain saling berbagi dengan masyarakat, tentu bermitra dengan unit pengelolaan ikan di Sulut. Semoga yang dilakukan saat ini akan sangat bermanfaat,” terangnya.

 

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman, SE.Ak.CA melalui Asisten Perekonomian Setda Kota Tomohon Ir Djoike Karouw MSi saat membuka kegiatan mengharapkan dengan adanya kegiatan ini, komsumsi ikan oleh masyarakat akan semakin meningkat sejalan dengan kesadaran akan perlunya asupan gizi yang bersumber dari hayati ikan yang sehat da bermutu.

 

Pada kesempatan tersebut dilakukan penyerahan secara simbolis paket ikan segar kepada perwakilan masyarakat oleh unsur BKIPM bersama Karouw Asisten Perekonomian. Juga ada penyerahan cendera mata kepada Pemkot Tomohon dari pihak BKIPM.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Tomohon Selatan Ronald Kalesaran bersama jajarannya, para Lurah, tokoh agama dan masyarakat. (denny)