Di Hut ke-171, Negeri Rurukan Sandang Predikat Kampung Budaya

Tomohon67 Dilihat
Negeri Rurukan
Pencanangan kampung budaya yang ditandai dengan pemukulan tetengkoren (Foto: humas)

 

TOMOHON –  Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak CA bersama Wakil Wali Kota Syerly Adelyn Sompotan (SAS) menghadiri HUT Ke-171 Negeri Rurukan di Sparta Stable, Rurukan, Selasa (30/4/19), sekaligus pencanangan Kampung Budaya oleh Walikota Tomohon yang ditandai dengan pemukulan tetengkoren.

 

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak CA dalam sambutannya mengatakan bahwa di era otonomi ini, penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan kelurahan harus mampu mengakomodasi aspirasi masyarakat, mewujudkan peran aktif masyarakat untuk turut serta bertanggung jawab terhadap perkembangan kehidupan bersama sebagai sesama warga kelurahan.

 

“Hal ini lebih ditegaskan dalam peraturan mengenai kelurahan yaitu dengan ditetapkannya Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 2005, prinsip dasar sebagai landasan pemikiran pengaturan mengenai kelurahan yaitu keanekaragaman, partisipasi, otonomi asli, demokratisasi dan pemberdayaan masyarakat,” terang Eman.

Baca juga:  Taman bunga Pemkot Tomohon Hadir di Bandara Samrat Manado

 

Dikatakan Eman, dalam pembangunan kelurahan, yang tidak boleh dilupakan adalah membangun manusia atau masyarakat melalui peningkatan kualitas sumber daya masyarakat, pengembangan kemampuan masyarakat, perubahan perilaku masyarakat dan pengorganisasian masyarakat.

 

Walikota juga mengajak untuk bersatu padu, bergandengan tangan, bersama-sama membangun kelurahan yang kita cintai ini, dimana kita tahu bersama bahwa Rurukan sudah semakin populer dengan pesonanya, yang berada di dataran tinggi dengan hamparan pemandangan alam yang memberikan sensasi bagi penikmatnya, sehingga Kota Tomohon sendiri mendapat apresiasi yang sangat tinggi dari para wisatawan.

 

“Atas nama Pemerintah Kota Tomohon mengucapkan Selamat Hut ke-171 Negeri Rurukan semoga momen peringatan dan syukur ini akan semakin memotivasi segenap komponen masyarakat kelurahan Rurukan dan Rurukan Satu untuk membangun, memberdayakan masyarakat, menjadi kelurahan yang semakin maju dan sejahtera,” tutup Wali Kota Eman.

Baca juga:  Wawali SAS Hadiri Gala Dinner Workshop Kemaritiman Apeksi

 

Turut hadir, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir Harold V Lolowang MSc, Camat Tomohon Timur Josias Makalew SP, Lurah Rurukan Sidonia Palit SPi MM, Lurah Rurukan Satu Berty Apouw SPd MM, Ketua Panitia HUT Regi Moningka, para anggota DPRD Kota Tomohon, perwakilan kepala cabang BRI Tondano dan tokoh-tokoh agama serta masyarakat setempat. (denny)