Search
Rabu 19 Desember 2018
  • :
  • :

Di SAIK 2018, Tomohon Perkenalkan MAO dan Miniatur Rumah Woloan

Kadis Kominfo Hengkie Supit, SIP (baju biru) di stand pameran Kota Tomohon (foto: humas)

 

TOMOHON – Kegiatan SAIK 2018 atau Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik  yang diselenggarakan di Kota Tangerang, Minggu (02/12/18) – Selasa (04/12/18). Kota Tomohon memperkenalkan Menara Alfa Omega (MAO) yang merupakan Brand baru Kota Tomohon yang melambangkan Kota Tomohon adalah Kota yang Harmonis, Rukun dan Damai.

 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tomohon Hengkie Y Supit, SIP mengatakan SAIK merupakan kegiatan hasil transformasi dari Pekan Informasi Nasional, yang pelaksanaannya dilakukan di bawah koordinasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). 

 

Bagian humas Setda Kota yang hadir dalam kegiatan (foto: humas)

“Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) juga menggandeng Dinas Koperasi dan UMKM menampilkan Miniatur Rumah Woloan serta hasil karya kerajinan tangan dari kayu kelapa yang sangat diminati oleh pengunjung pameran,” ujar Supit.

 

Sebelumnya, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kemenkominfo Rosarita Niken Widiastuti mengatakan kegiatan SAIK ini untuk memperkuat jaringan kemitraan dengan humas seluruh Indonesia menghadapi tantangan Revolusi Industri 4.0.

 

“Dasar dari pelaksanaan SAIK 2018 ini adalah intruksi presiden nomor 9 tahun 2015 tentang pengelolaan komunikasi publik,” ujar Rosarita.

 

Dikatakannya kegiatan ini untuk memperkuat jaringan kemitraan humas Kementerian/LPNK/Pemda, diskominfo provinsi/kabupaten/kota, humas BUMN/D dan komunitas media tradisional; meningkatkan dan mengembangkan kemampuan, inovasi dan kreatifitas kelompok pertunjukan rakyat dan mengapresiasi para pelaku kehumasan dalam melaksanakan pelayanan informasi publik adalah tujuan dari kegiatan ini.

 

“SAIK 2018 merupakan forum penting dan strategis karena merupakan puncak dari temu tingkat nasional humas Pemerintah dalam meneguhkan komitmennya menyukseskan program-program Pemerintah Pusat dengan mendiseminasikan kebijakan Pemerintah sampai ke daerah dan sampai ke rakyat paling bawah,” tandasnya.

 

Diketahui, rangkaian acara SAIK 2018 dimulai dari public expose and public service exhibition yang diikuti oleh peserta Kementerian/LPNK, BUMN, PTN dan daerah pada Sabtu (1/12), Parade Festival Pertunjukan Rakyat tingkat nasional yang diikuti oleh 11 perwakilan provinsi di Indonesia pada Minggu (2/12).

 

Dilanjutkan dengan pertemuan Forum Bako Humas Tingkat Nasional diikuti 90 Kementerian/LPNK, 45 BUMD, 60 PTN, Dinas Kominfo dari 34 Provinsi, 514 kota dan kabupaten serta diakhiri dengan kegiatan Anugerah Media Humas (AMH) 2018 dengan peserta sebanyak 158 instansi terdiri dari 67 instansi pusat dan 91 instansi pemerintah daerah

 

SAIK tahun 2018 diikuti oleh Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah Dinas Kominfo atau Lembaga Humas Setda atau pun Humas di bawah Dinas Kominfo, BUMN/BUMD, Perguruan Tinggi Negeri, Kelompok Informasi Masyarakat, Forum Komunikasi Media Tradisional (FK-Metra), komunitas blogger dan netizen, dan masyarakat umum.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kadis Kominfo Hengkie Y Supit,SIP bersama jajaran, Dinas Koperasi UMKM serta dari Bagian Humas Setda Kota Tomohon yaitu Kasubag Pemberitaan Merry Christine Waluyan, Bendahara Jeiny Maya Lengkey dan staf. (denny)