Search
Sabtu 24 Agustus 2019
  • :
  • :

Dinas Dikbud Kota Tomohon Gelar Pengembangan Kurikulum PAUD

Kurikulum

Foto bersama

 

TOMOHON – Peserta pendidik Taman Kanak-kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD) yang ada di Kota Tomohon mengikuti pengembangan Kurikulum Bahan Ajar dan model pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

 

Kegiatan yang digelar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Tomohon ini dilaksanakan di Aula AAB, Rabu (10/07/19) dan akan berlangsung selama tiga hari. Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak CA diwakili Asisten Kesejahteraan Rakyat Drs O D S Mandagi membuka kegiatan tersebut.

 

Asissten Kesra Drs ODS Mandagi menjelaskan kurikulum merupakan seperangkat rencana dan sebuah pengaturan berkaitan dengan tujuan, isi, bahan ajar dan cara yang digunakan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai sebuah tujuan pendidikan nasional (UU No 20 tahun 2003).

 

“Guru harus memahami hal yang sangat mendasar dari kurikulum dan pengembangannya. Sehingga guru mempunyai tanggung jawab terhadap tercapainya tujuan kurikulum. Guru juga harus mengembangkan bahan ajar,” terang Mandagi.

 

“Tujuan kurikulum anak usia dini di Indonesia adalah membantu meletakkan dasar ke arah perkembangan sikap pengetahuan, ketrampilan dan kreatifitas yang diperlukan oleh anak untuk dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan untuk pertumbuhan serta perkembangan pada tahapan berikutnya,” tandasnya.

 

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan DR Dolvin Karwur, MKes, MSi mengatakan salah satu tantangan pendidik hendaknya mampu menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi yang utuh, yakni menghasilkan peserta didik yang kompetitif, inovatif, kreatif, kolaboratif serta berkarakter, untuk menjawab tantangan tersebut perlu bahan ajar dan model prmbelajaran yang tepat dan terstruktur dimulai dari pendidikan usia dini

 

“Kurikulum anak usia dini berisi seperangkat kegiatan belajar melalui bermain yang dapat memberikan pengalaman langsung bagi anak dalam rangka mengembangkan seluruh potensi perkembangan yang dimilki oleh setiap anak,”ujar Karwur.

 

Hadir Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon DR Juliana Karwur MKes MSi serta Peserta/perwakilan kecamatan pengelola PAUD/TK yang ada di Kota Tomohon. (denny)




error: Content is protected !!