Search
Senin 16 September 2019
  • :
  • :

Ditugaskan Gubernur, Walikota Tomohon Promosikan Sulut di Amerika

Amerika

Wali Kota Tomohon foto bersama warga kawanua di Amerika (Foto: humas)

 

TOMOHON – Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE AK CA selaku pimpinan rombongan bersama Bupati Minahasa Roy Roring, Wakil Wali Kota Bitung Maurits Mantiri ditugaskan Gubernur Sulut untuk menghadiri Street Festival di New York Amerika sekaligus perayaan HUT Maesa Amerika di St Vartan Armenial Cathedral berada di jantung Kota New York , awal September lalu.

 

Wali Kota Eman mengatakan selain menghadiri beberapa agenda di Negeri Paman Sam, pihaknya juga berkesempatan untuk menyampaikan program pemerintah provinsi Sulut termasuk potensi di Kota Tomohon.

 

“Kunjungan ini diapresiasi oleh orang-orang Tomohon yang berada di Amerika. Bahkan Walikota Somersworth New Hampshire ingin membuat MoU terkait dengan pemberian hibah alat-alat kesehatan ke Sulawesi Utara termasuk Kota Tomohon. Rencananya, pembahasan tahap kedua akan dilaksanakan di bulan November 2019 ini,” terang Eman kepada sejumlah wartawan, Senin (09/09/19).

 

Selain itu, kata Eman, direncanakan juga Pemprov Sulut akan mendirikan semacam tugu di Somersworth dan juga akan membuat little Indonesia di sana, sehingga warga Sulut disana akan mendapat bantuan dari pemerintah kabupaten Kota di Sulut.

 

Lanjutnya, Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat Mahendra Siregar yang khusus menghadiri festival dalam sambutannya mengatakan masyarakat Amerika Serikat bisa lebih mengenal Indonesia melalui festival itu sehingga mempererat hubungan kedua negara.

 

Festival bertajuk Indonesian Street Festival (ISF) dengan pengunjung Sekitar 5-8 ribu orang dilaksanakan di sekitar Kantor KJRI New York.

“Acara yang menarik, banyak sekali makanan yang enak. Pacar saya menemukan acara ini di online dan ternyata dekat dengan tempat kami tinggal. Kami jalan kaki ke sini,” ujar Brooks Martino, warga New York yang baru pertama kali datang ke festival ini.

 

“Saya belajar tentang budaya yang tidak pernah saya kenal sebelumnya. Indonesia masuk daftar saya untuk keliling dunia,” tambah Brooks dengan semangat.

 

Sedangkan diaspora Indonesia, Marilyn Sitorus, mengungkapkan dia merasakan manfaat dari festival ini, khususnya bagi warga New York.

 

Selain Dubes Mahendra, Wakil tetap RI untuk PBB di New York Dubes Dian Triansyah Djani dan perwakilan Wali Kota New York Jumanee D. Williams juga menghadiri ISF.

 

ISF kali ini merupakan kerja sama antara KJRI dan masyarakat Indonesia di New York serta didukung oleh beberapa insitusi, seperti Bank Indonesia, Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Rakyat Indonesia (BRI), Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, Kementerian Pariwisata serta Pusat Promosi Investasi Indonesia. (denny)

 

 




error: Content is protected !!