Guru PAUD di Tomohon Ikut Pelatihan Kompetensi Tenaga Pendidik

Tomohon83 Dilihat
Sekot Lolowang, Kadis Dikbud saat foto bersama dengan peserta (Foto: humas)

 

TOMOHON – Pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggelar pelatihan kompetensi  tenaga pendidik PAUD atau Pendidikan Anak Usia Dini di Kota Tomohon yang dilaksanakan di AAB Guest House, Selasa (16/7/19).

 

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon Dr Juliana D Karwur M Kes MSi  mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi tiga tingkatan pendidik PAUD yakni pengasuh, guru pendamping dan guru PAUD secara berkesinambungan dan berjenjang. “Diklat ini meliputi diklat dasar, lanjutan dan diklat mahir,” terang Karwur.

 

Dikatakannya, Diklat dasar ditujukan untuk mempersiapkan pendidik sebagai pengasuh dengan kompetensi minimal, diklat lanjutan untuk mempersiapkan pendidik yang kompeten sebagai guru pendamping, sedangkan diklat mahir ditujukan untuk mempersiapkan guru kompeten sebagai guru PAUD.

 

“Dengan adanya kegiatan Diklat ini, tuntutan standar kompetensi PTK PAUD dapat dipenuhi sehingga layanan PAUD di Kota Tomohon semakin bermutu. Kegiatan akan berlangsung 16 – 20 Juli 2019,” jelasnya.

 

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman, SE.Ak.CA melalui Sekot Ir Harold Lolowang MSc yang membuka kegiatan mengatakan Pendidikan anak usia dini merupakan program prioritas pertama dan utama dalam fokus pembangunan pendidikan di Indonesia.

 

“Keberhasilan PAUD tidak lepas dari peran pendidik, mengingat peran utamanya dalam mengasuh, merawat, mendidik dan melindungi,” ujar Sekot Lolowang.

 

Menurutnya, salah satu tugas dan tanggung jawab sebagai tenaga pendidik didalamnya orang tua anak, yakni menyiapkan generasi dari sisi integritas anak-anak mulai usia dini.

 

“Saya berharap dengan adanya Diklat kompetensi tenaga pendidik saat ini, memberi dampak positif bagi para tenaga pendidik, terlebih berdampak baik untuk anak-anak didik mulai usia dini,” pungkasnya.

 

Pada kesempatan tersebut Sekretaris daerah Kota Tomohon Ir Harold Vicktor Lolowang, MSc menyamatkan tanda peserta kepada perwakilan peserta. (denny)