Search
Minggu 18 April 2021
  • :
  • :

Ketua DPRD Pimpin Paripurna Hut ke-18 Kota Tomohon

Ketua DPRD Tomohon saat memimpin rapat paripurna (Foto: Setwan)

 

TOMOHON – DPRD Kota Tomohon menggelar Rapat Paripurna Dalam Rangka Hari Jadi ke -18 Kota Tomohon tahun 2021 yang dilaksanakan di Ruang Sidang Kantor DPRD Tomohon, Rabu (27/01/21).

 

Ketua DPRD Djemmy J Sundah, SE didampingi Wakil Ketua Drs. Johny Runtuwene dan Wakil Ketua Erens D Kereh, AMKL serta Sekretaris DPRD F.F Lantang, S.STP memimpin langsung jalannya sidang. Rapat Paripurna DPRD Kota Tomohon Dalam Rangka Hari Jadi Kota Tomohon Yang Ke-18 Tahun 2021 diikuti dengan terjemahan dalam Bahasa Tombulu.

Ketua DPRD saat memimpin sidang mengatakan, peringatan HUT ke-18 Kota Tomohon kali ini harus dilakukan ditengah pandemi covid – 19, berharap diberikan kesehatan, kekuatan, dan semangat agar bisa melalui masa sulit ini.

 

Kata Sundah, saat ini kita sedang melalui krisis covid – 19, krisis yang memakan begitu banyak nyawa. Krisis yang menjadi tantangan luar biasa bagi negara kita dan seluruh dunia, bahkan bagi daerah kita Kota Tomohon.

“Namun dari krisis ini kita mendapatkan banyak sekali hikmah dan pembelajaran yang bisa kita terapkan saat ini dan setelahnya. Untuk pertama kalinya, kita bekerja dari rumah, beribadah dari rumah bahkan belajar dari rumah, kita menggunakan tools atau perangkat baru, dan menyadari bahwa sebenarnya pekerjaan kita bisa kita lakukan di manapun,” terang Sundah.

 

Dikatakannya, hari jadi Kota Tomohon diperingati sebagai bentuk ungkapan syukur atas dinamika perjalanan pembangunan sejak terbentuknya Kota Tomohon delapan belas tahun lalu hingga saat ini.

 

“Pada momentum ini, izinkanlah saya atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pejuang, perintis dan pendiri Kota Tomohon, yang telah memberikan kontribusi nyata dalam pencapaian kemajuan pembangunan di Kota Tomohon hingga seperti saat ini,” pungkasnya.

 

Di usia yang 18, telah banyak capaian kemajuan pembangunan yang telah dilaksanakan di Kota Tomohon. seiring dengan laju pertumbuhan ekonomi, tingkat pengangguran di Kota Tomohon cenderung menurun. angka indeks pembangunan manusia juga yang terus meningkat terbaik ke dua di Sulawesi utara.

 

Selanjutnya sejalan dengan pertumbuhan ekonomi dan penurunan pengangguran, tingkat kemiskinan di kota Tomohon juga berhasil ditekan.

 

Beliau mengajak jajaran Pemerintah Kota Tomohon, semua perangkat daerah, untuk terus meningkatkan kinerja, pengabdian dan pelayanan terbaik kepada masyarakat. kreativitas, inovasi, dan kerja nyata dari seluruh masyarakat juga sangat dibutuhkan dalam memberikan kontribusi bagi percepatan pembangunan di tanah ”Tou Muung” tercinta ini.

 

Ketua DPRD juga menyampaikan laporan kinerja DPRD Kota Tomohon selama satu tahun yaitu tahun 200, dalam mengemban tiga fungsi utama DPRD yang ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan. adapun intisari dari laporan kinerja yang telah dibahas melalui pertemuan konsultasi pimpinan DPRD dengan pimpinan fraksi-fraksi dan pimpinan alat kelengkapan dewan intinya adalah sebagai berikut:

 

1. Pelaksanaan Fungsi Legislasi/Pembentukan Peraturan Daerah. selama kurun waktu tahun 2020, DPRD kota tomohon sudah membahas 8 rancangan peraturan daerah dari pemerintah kota dan 1 Rancangan Peraturan Daerah Inisiatif DPRD. 2. Fungsi Penganggaran dan 3. Fungsi Pengawasan.

 

“Sebagai mitra kerja Pemkot Tomohon, kami DPRD Kota Tomohon juga memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi – tingginya kepada Pemko Tomohon yang dinahkodai oleh Walikota Tomohon, Jimmy Feidie Eman, SE.Ak.CA dan Wakil Wali Kota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan, dimana pada tanggal 17 Februari tahun 2021 akan mengakhiri pengabdiannya selaku walikota dan wakil walikota. Kami semua meyakini mereka berdua sudah membawa Kota Tomohon menjadi kota yang lebih maju di berbagi sektor,” ungkapnya.

 

Hadir dalam paripurna ini, Pendeta Meiske Greti Lomboan, MTH, mewakili Gubernur Propinsi Sulawesi Utara Karo Pemerintahan Jemmy Kumendong, anggota DPD RI , Ir. Stefanus Liow, MAP, Wali Kota Tomohon, Jimmy Feidie Eman, SE,AK, CA, Wakil Wali Kota Tomohon, Syerly Adelyn Sompotan, Anggota DPRD Propinsi Sulawesi Utara, Dra. Vonny Paat, Unsur Forkopimda Kepala Kejaksaan Negeri Tomohon, Kapolres Kota Tomohon, Ketua Pengadilan Negeri Tondano, Dandim 1302 Minahasa, Danramil Kota Tomohon, Para Anggota DPRD Kota Tomohon
Penjabat Sekretaris Daerah Kota Tomohon, DR. Juliana Dolvin Karwur, MKES, MSi.

 

Komisioner KPU Kota Tomohon , Komisioner Bawaslu Kota Tomohon, Walikota dan Wakil Walikota Tomohon Terpilih Pada Pilkada Tahun 2020 , Bapak Carrol J.A. Senduk, SH dan Bapak Wenny Lumentut, SE, Para Pimpinan Instansi Vertikal , Para Pejabat Pemerintah Daerah Kota Tomohon, Para Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri Dan Swasta, Para Pimpinan BUMN /BUMD, Para Pimpinan Rumah Sakit Daerah maupun Swasta.

 

Para Mantan Pimpinan Dan Anggota DPRD Kota Tomohon, Keluarga Besar Panitia Pembentukan Kota Tomohon dan Para Pejuang-Pejuang Pendiri Kota Tomohon, Budayawan, Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan, Pimpinan Partai Politik, Pimpinan Organisasi Wanita, Pemuda dan Lembaga Swadaya Masyarakat, Para Pimpinan Organisasi Keagamaan dan Tokoh-Tokoh Agama Yang Tergabung dalam BKSAUA, BAMAG, FKUB Kota Tomohon serta undangan. (redaksi)