Search
Senin 14 Oktober 2019
  • :
  • :

Komisi I Gelar RDP Dengan Dinas Dukcapil Kota Tomohon

Dukcapil

Komisi I saat RDP dengan DInas Dukcapil (Foto: ist)

 

TOMOHON – Komisi I DPRD Kota Tomohon melaksanakan Rapat dengar pendapat (RDP) dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau Disdukcapil Kota Tomohon, di Ruang Komisi I, Jumat (14/06/19).

 

Rapat dipimpin oleh Sekretaris Komisi I Djemmy Sundah didampingi oleh James Kojongian, ST (anggota komisi). Rapat dihadiri oleh Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau Dukcapil Siska Martha Tambingon dan kepala bidang. Rapat ini membahas materi terkait pencatatan pernikahan.

 

Perlu diketahui, Pencatatan perkawinan merupakan kewajiban administratif berdasarkan peraturan perundang-undangan yang bertujuan untuk memberikan jaminan perlindungan, hak asasi manusia jika di kemudian hari timbul perbuatan hukum yang berimplikasi terjadinya akibat hukum sehingga dapat dibuktikan dengan bukti yang sempurna dengan suatu akta otentik sebagai suatu bentuk kepastian hukum.

 

Penelitian ini bertujuan menemukan dan menganalisa serta memberikan pemahaman mengenai pentingnya pencatatan perkawinan dalam hukum positif Indonesia..

 

Hasil dari penelitian yang menggunakan metode yuridis normatif dengan pendekatan perundang-undangan, dan teori utilities (teori kemanfaatan) ini memberikan penjelasan bahwa pencatatan perkawinan dilakukan guna memberi kemanfaatan yang sebesar-besarnya demi terciptanya kebahagiaan bagi banyak orang. (denny)