Kota Tomohon Kaya Tradisi dan Kearifan Lokal Budaya

Tomohon92 Dilihat
Kearifan Lokal Budaya
Wali Kota Jimmy Eman saat menyampaiakn sambutan (Foto: humas)

 

TOMOHON – Kota Tomohon memiliki tradisi dan kearifan lokal budaya yang sangat kaya dan hidup, kedua hal tersebut dapat menjadi dasar yang kuat untuk membantu melaksanakan rencana pembangunan daerah.

 

Hal tersebut dikatakan Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman, SE.Ak.CA saat membuka kegiatan penyusunan kebijakan tatanan budaya lokal daerah di AAB Guest House, Rabu (26/06/19).

 

“Bagi pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon, pembahasan penyusunan pokok pikiran kebudayaan dalam forum diskusi saat ini merupakan hal yang sangat penting. Apresiasi dan menyampaikan banyak terima kasih kepada para tokoh budaya,” tutur Wali Kota Eman.

Baca juga:  SAS Lantik PMR Wira SMA Kr I Tomohon

 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tomohon Dr Juliana Dolvin Karwur mengatakan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk menjaring langsung gambaran keadaan terkini dan rill tentang objek pemajuan kebudayaan di tingkat paling dasar

 

“Menginventarisisasi masalah kebudayaan yang ada dan diharapkan permasalahan terjaring benar-benar menunjukan kebutuhan masyarakat Kota Tomohon di bidang kebudayaan,”kata Karwur.

 

Dikatakannya, Pemda Kota Tomohon akan memiliki rencana kerja yang berdasarkan pada data dan fakta. Menjadi landasan Pemkot Tomohon dalam menyusun kebijakan-kebijakan strategis bidang kebudayaan. “Tujuan utama untuk peningkatan ketahanan budaya dan peningkatan kesejahteraan rakyat,” terangnya.

 

Narasumber dalam kegiatan ini Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir Harold V Lolowang MSc, Staf Sub Bagian Sistem Pendataan Bagian Perencanaan dan Sistem Pendataan, Setjen Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Sumari dan Albizzia Bima Pranandhita, Kepala Dinas Kebudayaan Prov Sulut Ferry R J Sangian SSos MAP, Tokoh-tokoh Budaya Pst Dr Richardo Renwarin, Dr Alex Ulain. (denny)

Baca juga:  Walikota Tomohon Buka Kegiatan Konsolidasi Laporan Keuangan