Pemkot Tomohon Gelar Konsultasi Publik RKPD Tahun 2020

Tomohon35 Dilihat
RKPD
Konsultasi Publik RKPD 2020 (foto: humas)

 

TOMOHON – Pemerintah Kota Tomohon melalui Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) menggelar kegiatan Konsultasi Publik RKPD atau Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2020, di Grand Master Resort Kakaskasen Satu Tomohon, Jumat (1/2/19).

 

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak melalui Sekot Ir Harold Lolowang MSc saat membuka kegiatan sekaligus tampil sebagai pemateri menjelaskan sebagai dokumen resmi pemerintah daerah, RKPD mempunyai kedudukan yang strategis yaitu menjembatani perencanaan strategis jangka menengah dengan perencanaan dan penganggaran tahunan.

 

“Oleh sebab itu proses penyusunan RKPD Kota Tomohon tahun 2020 dilakukan secara sistematis, terarah, terpadu dan tanggap terhadap perubahan dalam penyusunannya,” ungkap Sekot Lolowang

 

Dikatakannya, pemerintah Kota Tomohon melakukan suatu terobosan dalam hal perencanaan yang juga menunjang program Emas melalui pelaksanaan e -goverment yaitu dengan membuat suatu sistem perencanaan berbasis website yang dikenal dengan nama Si Andal Tom yakni Sistem Informasi Perencanaan dan Pelaporan Kota Tomohon.

Baca juga:  Wali Kota Eman Bawakan Materi di Sosialisasi Permendagri RI No 38 Tahun 2018

 

“Didalamnya memuat beberapa aplikasi antara lain, e-pokir, e-proposal, e-musrenbang, e-renja, e-rkpd, dan e-report, sehingga dapat mempermudah penyusunan dokumen perencanaan dalam hal ini penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kota Tomohon tahun 2020,” jelasnya.

 

Lanjut, forum ini mempedomani kebijakan Nasional dan Provinsi, mendorong potensi daerah sehingga terwujud pengembangan potensi dan ekonomi yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, konsistensi dalam perencanaan dan pelaksanaan, serta sinergitas program.

 

“Semoga berbagai pemikiran, masukan, saran dalam penyempurnaan rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah saat ini dapat bermanfaat untuk kemajuan Kota Tomohon,” tandasnya.

 

Sementara itu, Kepala Bapelitbangda Ir Ervinz Liuw MSi menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk mengkomunikasikan dan mengkoordinasikan rencana pelaksanaan pembangunan yang mampu menjawab isu-isu strategis serta untuk mendapatkan masukan dan saran guna penyempurnaan rancangan awal RKPD Kota Tomohon tahun 2020.

Baca juga:  Dinas PUPR Kota Tomohon Gelar Sosialisasi Perangkat  Aturan Penataan Ruang

 

“Dimana rancangan awal RKPD ini akan menjadi pedoman dalam pelaksanaan musrenbang RKPD tingkat kecamatan dan sebagai acuan, penyempurnaan rancangan awal Rencana Kerja Perangkat Daerah (Renja-PD),” jelas Liuw.

 

Dalam kegiatan ini Ir Miky Junita Linda Wenur, MAP sebagai pemateri, diakhir kegiatan dilakukan penandatanganan berita acara Konsultasi Publik RKPD Tahun 2020.

 

Kegiatan ini dihadiri Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon Youddy Moningka SIP, anggota DPRD Piet Pungus SPd, Frets Keles ST, Erens Kereh.

 

Hadir juga Asisten Kesra Setda Kota Tomohon Drs O D S Mandagi bersama Asisten Perekonomian Max Mentu SIP MAP, para tokoh agama dan masyarakat, bersama unsur Perangkat Daerah. (denny)