Search
Rabu 19 Desember 2018
  • :
  • :

Pemkot Tomohon Sosialisasikan Pengelolaan dan Pemanfaatan Sampah Organik

Foto bersama usai sosialisasi

 

TOMOHON – Pemerintah Kota Tomohon menggelar kegiatan Sosialisasi Pengelolaan dan Pemanfaatan Sampah Organik Menjadi Kompos yang dilaksanakan oleh Bagian Pembangunan dan Layanan Pengadaan bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Tomohon di Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kota Tomohon, Jumat (7/12/18).

 

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman, SE.Ak  melalui Asisten Perekonomian Setda Kota Tomohon Max.M Mentu, S.IP.MAP mengatakan sampah diberbagai daerah menjadi masalah yang serius, bahkan wilayah yang seharusnya belum menjadi masalah pun telah menjadi masalah.

 

“Penyebabnya adalah sampah tidak dikelola dengan baik, yang lebih serius lagi adalah ketika sampah itu bercampur aduk antara sampah organik, sampah non organik dan sampah beracun sehingga satu dan lain akan bereaksi dan membentuk senyawa yang lebih berbahaya,” ujar Mentu saat membacakan sambutan walikota.

 

Mentu menambahkan, pengomposan adalah cara yang paling tepat untuk mengatasi masalah sampah organic. Dengan pengomposan sampah organic akan diubah menjadi pupuk yang dapat di gunakan untuk menunjang kesuburan tanah ataupun tanaman.

 

“Jika pengelolaan sampah dilakukan dengan baik, sampah bukanlah sebuah masalah karena pengelolaan sampah bisa dilakukan dengan relative aman, bahkan sampah bisa menjadi sumber uang yang cukup potensial karena sampah bisa dijadikan sumber energy, pupuk kompos atau daur ulang yang kemudian bisa menghasilkan dana yang tidak sediki,.” tandasnya.

 

Sebelumnya, Kasubag Lingkungan Hidup, Pangan dan Pertanian setda dalam laporannya mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan peserta dapat menjadi motifator dalam pengelolaan sampah yang berbasis masyarakat.

 

Hadir pula dalam kegiatan ini, Kadis Lingkungan Hidup Kota Tomohon Novi A.H Politon, SE, sebagai narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulut Barthe Karouw, S.Si serta para peserta sosialisasi. (denny)