Sambut Kunjungan JICA di Kota Tomohon, Pemkot Mantapkan Persiapan.

Tomohon28 Dilihat
persiapan
Rapat pemantapan penyambutan kunjungan JICA di Kota Tomohon.

TOMOHON – Menindaklanjuti kerjasama kemitraan bersama pemerintah Jepang khususnya Pemkab Kota Minamiboso maka Pemerintah Kota Tomohon melalui Kepala Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan Kota Tomohon mengadakan rapat pemantapan persiapan kedatangan rombongan yang dilaksanakan di kantor Bappeda Kota Tomohon,Selasa  (27/9/16).

 

Kepala Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan Kota Tomohon Ir Ervinz Liuw Msi dalam pemaparannya mengenai jadwal survei dimana rombongan akan tiba pada hari Rabu (29/9) di Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi dan akan dijemput oleh pemerintah Kota Tomohon.

 

Setibanya di Kota Tomohon rombongan langsung menuju ke Pasar Bunga dan Pasar Beriman Tomohon untuk meninjau lebih jauh, selanjutnya akan mengadakan audiensi secara terhormat dengan Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak. Sorenya mengadakan diskusi untuk wujudkan JICA Partnership Program (JPP) dengan Staf Kantor Wali Kota, Bappeda, Distanakan, Dinas Pariwisata, Dinas PU dan Dinas Koperasi. Selesai beberapa agenda rombongan akan bertolak menuju Mountain View Resort dan SPA untuk istirahat.

Baca juga:  Pemkot Tomohon dan Jepang Bahas Strategi Pemasaran Michinoeki

 

Jadwal agenda hari Kamis 8.30-10.00 Pemaparan di Perusahaan Daerah Pasar, 10.00-11.30 Pemaparan di Dinas Pertanian, 11.45-12.30 Show Window. 14.00-15.00 Pemaparan di Dinas Pariwisata, 15.00-16.30 Pemaparan dari wakil divisi perhotelan dari Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).  Hari Jumat, akan melihat dan melakukan dialog bersama di koperasi petani sayur mayur, sayur organik dll. Meninjau Agro-Wisata dan mendengarkan Pemaparan dari Petani Anggrek Tanah.

 

Melihat dan melakukan serta mendengarkan pemaparan dari petani bunga,  pengolahan, kios tempat jual dan lain-lain. Selanjutnya akan meninjau publik processing Aren yang dekat dari Danau Linow (mengecek potensi sumber daya pariwisata industri). Meninjau Kawangkoan (kota Kacang Sangrai, mata air panas, telur dan Jagung rebus di air panas alami dan yang lainnya.

Baca juga:  Kota Tomohon Terima Penghargaan Anugerah Pandu Negeri 2018

 

Selanjutnya pada Hari Sabtu akan melakukan trekking di Gunung Mahawu,  Makan siang di restoran Danau Tondano, mengelilingi Danau Tondano, mampir Desa Pulutan (desa keramik) dan mata air panas. Pada Hari minggu melihat arum jeram (Rafting) di Sungai Sawangan, Meninjau Waruga dan museum di Desa Sawangan, Meninjau Kota Bitung, kembali ke Kota Bunga dan beristirahat di Gardenia Country Inn.

 

Hari Senin Meninjau Kota Manado (Biro Pariwisata, Museum Sulawesi Utara, Candi Kienteng Ban Hian Kong), melanjutkan ke Pasar Ikan, mengecek tempat penyeberangan perahu ke Pulau Bunaken dll. Hari Selasa rombongan dari Pemerintah Kabupaten Minamiboso kembali ke jepang.

 

Demikianlah pemaparan rencana kegiatan selama kunjungan kerja ke Pemerintah Kota Tomohon. Hadir juga dalam rapat persiapan ini Asisten II Ronni Lumowa SSos MSi, Kepala BAPPEDA Ir Enos Pontororing MSi, dan jajaran Pemerintah Kota Tomohon.

 

 

 (Denny Poluan)