Tingkat Partisipasi Pemilih Di Kota Tomohon Membanggakan, Nyaris Tertinggi di Sulut, Sosialisasi KPU Diapresiasi.  

Tomohon21 Dilihat

.
unnamed 
MANADO, (speednews-manado.com)
– Saat tingkat partisipasi pemilih di beberapa daerah di Sulut jeblok, tidak demikian dengan di Kota Tomohon.

Berdasarkan data yang dikutip di website KPU-RI, partisipasi masyarakat di Pilkada mencapai 87,60 persen.
Sesuai data di website resmi KPU RI, lebih tepatnya di https://pilkada2015.kpu.go.id/sulutprov/, KPU Tomohon hanya “kalah” tipis dari Kabupaten Boltim, yang tingkat partisipasinya mencapai 89,35 persen.

“Saya melihat sosialisasi yang dilakukan oleh KPU Kota Tomohon sangat efektif dan efisien. Selain rajin merangkul berbagai stakeholder, hampir semua komisioner aktif menjelaskan secara terang bendera berbagai tahapan di Pilkada,” tutur Riksen Kolondam, mahasiswa di salah satu universitas di Kota Tomohon.

Baca juga:  Bimtek Sistem Informasi Penggajian PNSD Kota Tomohon TA 2017

“Lepas dari berbagai kekurangan, kami salut dengan metode-metode sosialisasi KPU Tomohon yang terbukti bisa merangsang masyarakat untuk hadir di TPS pada tanggal 9 Desember lalu,” tambah sejumlah warga.

Komisioner KPU Kota Tomohon Divisi Sosialisasi Stenly Kowaas SP yang dihubungi soal ini membenarkan bahwa tingkat partisipasi di Kota Bunga memang sangat membanggakan.

Meski begitu menurutnya, banyak hal yang masih harus dibenahi, agar ke depan tingkat partisipasi akan lebih baik lagi.

“Tapi ini semua tidak lepas dari peran serta semua pihak, termasuk Pemkot Tomohon yang begitu maksimal membantu sosialisasi terkait tahapan Pilkada,” tuturnya.

“Metode kampanye yang mengharuskan pasangan calon menggelar lebih banyak tatap muka dan pertemuan terbatas, juga berandil besar dalam merangsang masyarakat pemilih memberikan suaranya di TPS,” sambung mantan wartawan senior ini. (Denny)