Search
Senin 16 September 2019
  • :
  • :

Tomohon Wakili Sulut di Pemilihan Penyuluh Agama Islam Teladan Nasional

Barokah Zaenul Alam Penyuluh Agama Islam Non PNS Teladan Sulut (Kedua dari kanan) saat Foto bersama (Foto: humas)

 

TOMOHON – Kementerian Agama (Kemenag) melalui Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam kembali menggelar pemilihan Penyuluh Agama Islam PNS dan Non PNS Teladan tingkat Nasional tahun 2019.

 

Sebanyak 12 penyuluh terpilih dan berhak mendapatkan penghargaan dari Kementerian Agama tahun ini. Piagam dan uang pembinaan diserahkan Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin pada malam Anugerah Penyuluh Agama Islam Teladan PNS dan Non PNS 2019 di Holiday Inn Suites Hotel Jakarta, Rabu (21/8/19) malam.

 

Patut diapresiasi, Tomohon satu-satunya Kota di Sulut yang mengirim utusan di pemilihan penyuluh agama Islam teladan tingkat nasional tahun 2019. Dia adalah Barokah Zaenul Alam Penyuluh Agama Islam Non PNS Teladan Provinsi Sulawesi Utara. 

 

Pemilihan Penyuluh Agama Islam Teladan Tingkat Nasional tahun 2019 dibuka secara resmi oleh Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag RI, Prof. Dr. H. Muhammadiyah Amin, M.Ag.

 

Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifuddin mengatakan apa yang telah diraih bangsa Indonesia dalam menjaga kerukunan antar umat beragama dan menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang dikenal dunia tidak bisa lepas dari nilai-nilai agama adalah buah dari apa yang disemai oleh para pendahulu. “Mari kita melahirkan nilai-nilai maslahat atau inovasi sesuai konteks kekinian,” kata Saifuddin. 

 

Kepada para peraih anugerah Penyuluh Teladan Nasional 2019, Menag mengajak untuk memaknai anugerah sebagai kehormatan dan kemuliaan dalam menjalani tugas fungsi penerangan dan penyuluh kepada umat Islam.

 

 “Mari kedepankan rasa syukur dengan menjalani fungsi dan tanggung jawab  sebagai penyuluh agama Islam sesuai esensi agama itu sendiri,” ujar Menag.

 

Sementara, Wakil Wali Kota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan yang hadir pada malam penganugerahan tersebut menyampaikan atas nama Pemerintah Kota Tomohon dirinya mengucapkan selamat kepada Penyuluh Agama Islam Teladan yang telah terpilih.

 

“Perlu di ingat penyuluh harus selalu mengikuti perkembangan jaman, harus selalu mencari jawaban dan solusi atas persoalan-persoalan ummat di tengah masyarakat, oleh sebab itu penyuluh agama harus selalu inovatif, menguasai IT, cakap dalam berkomunikasi dan menguasai materi kekinian yg dapat diaplikasikan dalam masyarakat,” kata wawali.

 

Kata Wawali, yang menang di tingkat Provinsi Sulawesi Utara berasal dari Tomohon, jadi kita patut berbangga Kota Tomohon satu-satunya Kota yang mengirim utusan sampai tingkat Nasional, inilah sesungguhnya Tomohon, Kota yang toleran yang menghargai Kebhinnekaan.

 

Turut hadir mendampingi Wakil Walikota, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Kota Tomohon Drs. Daniel Pontonuwu dan Kakan Kemenag Tomohon Pdt. Simon Rawis. (denny)

 

 




error: Content is protected !!