Wali Kota Eman Resmi Buka Ekspresi JMS Kota Tomohon 2018

Ekspresi JMS
Wali Kota Jimmy Eman saat membuka kegiatan Ekspresi JMS 2018 (foto: humas)

 

TOMOHON – Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak resmi membuka kegiatan Ekspresi JMS (Ekspose Prestasi dan Kreativitas Siswa Jaksa Masuk Sekolah) tahun 2018 Kota Tomohon. Kegiatan yang diprakarsai Kejaksaan Negeri bersama Pemerintah Kota Tomohon ini digelar di Sport Hall Yayasan Lokon St Nikolaus Tomohon, Senin (24/9/18), dan untuk pembukaan ditandai dengan pemukulan tetengkoren.

 

Walikota Eman menjelasakan Pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sejak tahun 2016 telah bermitra dengan Kejaksaan Negeri Kota Tomohon untuk mengadakan kegiatan Jaksa Masuk Sekolah (JMS).

 

“Kegiatan Ekspresi JMS ini sebagai salah satu bentuk pembinaan karakter berupa pengenalan sekaligus membangun budaya hukum sejak usia dini, sehingga menciptakan generasi muda yang sadar hukum, selain itu untuk membentuk dan meningkatkan karakter serta prestasi siswa,” ujar Eman.

 

Dijelaskan, Jaksa Masuk Sekolah dikemas dengan berbagai kegiatan yang bersentuhan secara langsung dengan kreativitas dan prestasi siswa, sehingga diharapkan para siswa, guru, kepala sekolah dan institusi pendidikan, bukan hanya memiliki pengetahuan tetapi dapat sadar dan taat pada hukum yang berlaku.

Baca juga:  DPRD Setujui Ranperda Penyertaan Modal PD Pasar di Bahas Selanjutnya

 

“Kami pun berupaya dalam memperkuat pendidikan karakter di sekolah lewat budaya jujur, berakhlak mulia dan mandiri, sehingga dapat tercipta lingkungan pendidikan yang nyaman dan berkualitas,” jelas Eman.

 

Sementara itu Kepala Kejaksaan Negeri Tomohon Edy Winarko SH MH mengatakan melalui program kegiatan Jaksa Masuk Sekolah ini, diharapkan akan terwujud revolusi karakter bangsa sebagaimana tercantum dalam agenda pembangunan nasional (Nawa Cita) ke-delapan yaitu melaksanakan Revolusi Karakter Bangsa di bidang Pendidikan Nasional yang didukung dan dilaksanakan melalui langkah strategis dan efektif.

 

“Melalui program Jaksa Masuk Sekolah, diharapkan pula dapat memberikan sumbangsih kepada bangsa dan negara,” kata Winarko.

 

“Apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kota Tomohon yang telah mendukung penuh dan membantu memfasilitasi terselenggaranya kegiatan ini, yang seyogyanya dapat memperkuat pendidikan karakter anak didik menuju Generasi Emas dimasa yang akan datang,” tandasnya.

Baca juga:  Lolowang Buka Kegiatan Pembuatan Dokumentasi Sejarah Budaya Daerah

 

Sebelumnya, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon Dr Juliana D Karwur MKes MSi sebagai unsur panitia menguraikan bahwa Ekspresi JMS memperlombakan pemilihan Putra Putri Duta Adhyaksa Kota Tomohon tingkat SMA/MA/SMK, lomba jaksa cilik tingkat SD/MI, lomba yel-yel tingakat SMA/MA/SMK dan SMP/MTS, lomba pidato tingkat SMA/MA/SMK dan SMP/MTS, serta lomba stand up comedy tingkat SMA/MA/SMK.

 

Tampak hadir Anggota DPRD Ladys Turang SE bersama Syenni Supit, Wakapolres Tomohon Kompol Joice Wowor, Pejabat Eselon dua dan tiga Pemkot Tomohon, Jajaran kepala sekolah/guru serta
para murid SD, SMP dan SMU. (denny-23)