Search
Minggu 21 Juli 2019
  • :
  • :

Walikota JFE dan Wawali SAS Ikut Rapat FKDM.

Walikota Jimmy F Eman dan Wawali Syerly A Sompotan saat mengikuti rapat FKDM di sekretariat kesbangpol, Kamis (24/3). foto: speednews-manado.com

Walikota Jimmy F Eman dan Wawali Syerly A Sompotan saat mengikuti rapat FKDM di sekretariat kesbangpol, Kamis (24/3). foto: speednews-manado.com.

IMG_0300TOMOHON, (speednews-manado.com) – Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak dan Wakil Walikota Syerly Adelyn Sompotan mengikuti Rapat Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kota Tomohon yang dilaksanakan di sekretariat FKDM Badan Kesbangpol, Kamis (24/3).

Dalam sambutannya Eman menyampaikan beberapa pokok pikiran tentang FKDM sesuai peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 12 tahun 2006 pasal 1. Kewaspadaan dini masyarakat adalah kondisi kepekaan, kesiagaan dan antisipasi masyarakat dalam menghadapi potensi dan indikasi timbulnya bencana, baik bencana perang, bencana alam, maupun bencana karena ulah manusia.

Oleh karena itu pencegahan dan deteksi dini penting untuk dilakukan sesuai dengan tugas dan tanggun jawab masing-masing. FKDM  adalah wadah bagi elemen masyarakat yang dibentuk dalam rangka menjaga dan memelihara kewaspadaan dini masyarakat.

Selanjutnya untuk mengotimalkan FKDM di Kota Tomohon telah di tetapkan surat keputusan Walikota Tomohon nomor 40 Tahun 2016 yang mengacu pada peraturan Gubernur Sulawesi Utara Nomor 34 Tahun 2008 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2006 yang mengatakan bahwa tugas dan tanggung jawab FKDM adalah menjaring, menampung,mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan data dan informasi dari masyarakat mengenai potensi ancaman keamanan, gejala atau peristiwa bencana dalam rangka upaya pencegahan dini dan memberikan rekomendasi sebagai bahan pertimbangan bagi walikota mengenai kebijakan yang berkaitan dengan kewaspadaan dini.

“Telah diatur mengenai tugas dan tanggung jawab dewan penasehat FKDM yakni membantu kepala daerah merumuskan kebijakan dalam memelihara kewaspadaan dini dalam masyarakat dan memfasilitasi hubungan kerja antara FKDM dengan pemerintah daerah dalam rangka memelihara kewaspadaan dini masyarakat,” kata Walikota Eman.

Dalam pertemuan yang yang penuh keakraban ini, masing-masing menyampaikan  keadaan terkini dari kondisi yang ada baik dari segi keamanan, intelijen, keimigrasian dan pemberdayaan masyarakat dan jaminan keamanan bagi masyarakat melalui peran TNI dan Kepolisian. Karena sat ini akan memasuki perayaan keagamaan seperti paskah dan kegiatan lainnya.

Diketahui anggota FKDM berjumlah sebelas yakni Wakil Walikota,Ketua DPRD, Kapolres,  Kejari, Dandim, Koordinator Pos BIN wilayah Tomohon,
Kepala Kantor Imigrasi Kelas I A Manado, Asisten Pemerintah dan Kesra, Kaban Kesbangpol dan Kadiscapilduk.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh komponen terkait dalam FKDM baik dewan penasehat maupun anggota pengurus. Diantaranya Adi Pratama selaku Koordinator Pos BIN Kota Tomohon, Montano Rengkung S.Sos MM dari Imigrasi Kelas I Manado Kapolres AKBP Monang Simanjuntak SIK, Perwira Penghubung Kodim 1302 Minahasa Mayor Infantri Masgen Abas.

 ( DENNY POLUAN)




error: Content is protected !!