Walikota Tomohon Buka Kegiatan Sinkronisasi dan Pelaporan DAK Fisik

Tomohon126 Dilihat
DAK
Wali Kota Jimmy Eman saat membuka kegiatan (Foto: DK)

 

TOMOHON – Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman, SE.Ak membuka kegiatan sinkronisasi dan pelaporan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Tahun 2019 Sub Bidang Sekolah Menengah Pertama (SMP) di AAB Guest House Tomohon, Selasa (12/11/19).

 

Dalam sambutannya walikota Tomohon mengatakan dalam Undang Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional yang menyatakan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

 

Tujuannya untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berakhlak Mulia, Sehat, Berilmu, Cakap, Kreatif, Mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.

 

lanjut, dalam rangkaian upaya mewujudkan keberhasilan pembangunan dan penyelengaraan pendidikan, dan salah satu perwujudan dari visi misi pemerintah kota Tomohon Dedicate Emas yaitu merubah wajah sekolah maka Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan harus mampu untuk mendorong terciptanya iklim pendidikan yang kondusif, maju, dan berdaya saing.

 

“Berharap dalam pelaksanaan Dana Alokasi Khusus Bidang Pendidikan ini, agar dapat mengikuti prinsip – prinsip pengelolaan antara lain; Prinsip efisiensi, Prinsip efektifitas, Prinsip transparansi, khusus; Prinsip akuntabel, Prinsip manfaat,” kata Walikota.

 

Walikota berharap, agar sinkronisasi dan pelaporan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik tahun 2019 ini, dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, penuh rasa tanggung jawab dan selalu berpedoman pada petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan yang ada.

 

Kadis DikBud Kota Tomohon DR. Juliana D. Karwur, M.Kes.M.Si mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mensinkronisasikan pelaksanaan kegiatan swakelola dan pembuatan pelaporan DAK Fisik pendidikan program Dana Alokasi Khusus Fisik Sub Bidang Pendidikan SMP Tahun 2019 dengan baik sesuai ketentuan yang berlaku serta menghimpun masukan, ide-ide dalam pembuatan laporan DAK Fisik Bidang SMP yang sesuai dengan petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan yang berlaku sehingga dapat dipertanggungjawabkan secara fisik dan administrasinya.

 

Hadir sebagai narasumber di kegiatan ini Kasie. Intelejen Kejari Tomohon Wilke Rabeta, SH. Peserta : Kepala Sekolah, Ketua panitia pembangunan sekolah, bendahara DAK serta jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tomohon. (redaksi)