Search
Jumat 30 Oktober 2020
  • :
  • :

Walikota Tomohon Ikuti Rakor Penegakan Hukum Pilkada 2020

 

TOMOHON – Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE AK CA bersama Kapolres Tomohon AKBP Bambang Ashari Gatot SIK MH, dan jajaran pemerintah Kota Tomohon mengikuti Rakor Penegakan Hukum Pelaksanaan Pilkada Serentak yang diadakan oleh Kemendagri.

 

Wali Kota Jimmy Eman dan Kapolres AKBP Ashari Gatot mengikuti rakor yng dilaksanakan secara virtual tersebut dari Command Centre Pemkot Tomohon, Jumat 18/09/20).

 

Dalam Rakor tersebut dibahas juga bagaimana jika terjadinya pelanggaran protokol kesehatan yang  berpotensi memunculkan klaster baru.

 

Untuk itu  Kejaksaan telah menertibkan Surat Jaksa Agung RI nomor 320 tahun 2020 agar dilakukan penindakan secara legal terhadap setiap pelanggaran tindak pidana pemilihan, serta mensosialisasikan tindakan tegas tersebut sebagai pembelajaran bagi calon lain agar tidak ikut melakukan pelanggaran.

 

Agar dipertimbangkan pelaksanaan pemilukada serentak 2020 secara elektronik atau online melalui e-pemilu, e-voting ataupun mekanisme virtual lainnya.

 

Rendahnya partisipasi pemilih untuk menggunakan hak pilih mengingat adanya ancaman covid-19, untuk itu : Kejaksaan mendorong dilakukannya sosialisasi secara masif pada seluruh media masa kepada masyarakat untuk menggunakan hak pilih.

 

Menggandeng seluruh pihak, seperti tokoh masyarakat, publik figur, tokoh agama, untuk menggaungkan pemilihan kepada daerah serentak serta mengajak masyarakat untuk menggunakan hak suaranya.

 

Netralitas ASN, Panitia Pemilihan, Panitia Pengawas, TNI/POLRI dan Kepala Desa yang dikhawatirkan memihak terhadap calon tertentu. (redaksi)