Moeldoko Hadiri pagelaran Seni Budaya Simalungun

Nasional34 Dilihat
Pagelaran seni budaya Simalungun Sumut (foto: ist)

 

JAKARTA -Pagelaran seni budaya Simalungun Sumatera Utara yang diselenggarakan, Sabtu (21/4/18) diharapkan dapat menumbuhkan dan memupuk kecintaan terhadap budaya secara khusus untuk generasi muda selaku aktor utama dalam kemajuan bangsa.

 

“Saya sangat senang dengan adanya pagelaran seni dan budaya ini,apalagi dengan kreatifitas seni yang di kembangkan,”ucap Moeldoko.

 

Lanjut Moeldoko, budaya mengajarkan harmoni, kerja sama ,toleransi dan saling menghargai. Karena sebagai bangsa yang besar, Indonesia memiliki keanekaragaman budaya yang merupakan identitas bangsa Indonesia.

 

“Oleh karena itu sebagai warga negara indonesia harus bangga dan setia merawat budaya yang ada ,agar rasa cinta terhadap budaya harus terus di pupuk terlebih khusus untuk generasi muda saat ini,” tandasnya

Baca juga:  Tomohon Kota Terkecil di Sulut Deklarasikan Jokowi Sebagai Bapak Kerukunan Bangsa

 

Sementara itu penasehat pagelaran budaya Simalungun, Abetnego Tarigan mengatakan pemilihan tema Simalungun untuk Indonesia sebagai bentuk untuk mendukung keberagaman budaya dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia.

 

“Simalungun untuk simalungun adalah hal yang biasa,namun jika simalungun untuk indonesia itu barulah luar biasa,” ujar Abetnego.

 

Lebih lanjut ketua panitia AKBP Elisben Purba mengatakan sangat terhormat dengan hadirnya bapak Moeldoko dan Teten Masduki dalam pagelaaraan kali ini,apalg keduanya merupakan pejabat istana.

 

“Kehadiran para pejabat ini merupakan bentuk apresiasi presiden Joko Widodo terhadap kebudayaan dan secara khusus pada budaya Simalungun. Masyarakat bangga dan hormat kepada presiden Joko Widodo,” tutup Elisbeth Purba.

Baca juga:  24 Januari, Honorer Daerah Jadi CPNS?

 

Acara pagelaran budaya ini diisi oleh 160 pengisi acara yang di mulai pada pukul 18.00 hingga pukul 23.00 WIB bertempat di taman Mini Indonesia Indah.

 

Acara ini di hadiri lebih dari 1.600 masyarakat simalungun dan berbagai tokoh di antaranya kepala staf kepresidenan Jend(Purn) Dr.Moeldoko,kordinator staf khusus presiden, Teten Masduki, perwakilan dirjen kebudayaan, Eporus GKPS Pdt M Rumanja Purba, Irjen Pol Wagner Damanik, Anton Saragih, Drs Johalim Purba, dr Sortaman Saragih, Dr Darwan Purba, Rudi J Sinaga beserta para pendiri HIMAPSI. (Rusdi)