Wali Kota Vicky Lumentut Buka Simposium Manado Cardiologi Update 2018

Berita Utama, Manado91 Dilihat
Wali Kota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA membuka simposium bertajuk Manado Cardiologi Update (MACAU) tahun 2018

 

MANADO – Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit mematikan di Indonesia termasuk Kota Manado. Sehingga, perlu penanganan yang cepat dan professional dari para tenaga medis yang memiliki kompetensi. Untuk meningkatkan kualitas profesi dokter spesialis kardiologi yakni ahli penyakit jantung, pembulu darah dan pembuluh nadi, Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) melaksanakan simposium bertajuk Manado Cardiologi Update (MACAU) tahun 2018 di MCC, jalan Piere Tendean Boulevard Manado, Sabtu (12/05/18) pagi tadi. Acara yang dihadiri ratusan dokter kardiologi itu, dibuka Wali Kota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA.

 

Menurut Walikota pilihan rakyat Manado itu, profesi dokter spesialis jantung sangat dibutuhkan sekarang ini. Apalagi, penyakit jantung sangat rentan dialami masyarakat khususnya di Kota Manado. Olehnya, tenaga professional dibidang penyakit jantung harus lebih ditingkatkan.

Baca juga:  Hari ini Lomba Penilaian Evaluasi Perkembangan Kelurahan Berakhir

 

“Kita semua berharap, dokter spesialis kardiologi yang menangani penyakit jantung semakin banyak di Indonesia termasuk kita di Kota Manado. Karena, penderita penyakit jantung, pembuluh darah dan pembulu nadi masih sangat banyak. Sehingga, dengan adanya dokter spesialis jantung ini, akan meminimalisir terjadinya resiko kematian akibat penyakit jantung,” ujar Wali Kota Vicky Lumentut.

 

Orang nomor satu di Manado itu meminta masyarakat agar tidak memandang remeh penyakit jantung yang rentan dialami siapa saja tanpa pandang usia. Olehnya, Walikota mendorong masyarakat untuk menjaga pola makan serta menerapkan pola hidup sehat termasuk rajin berolahraga.

 

“Saya mengajak masyarakat di Kota Manado agar selalu menerapkan pola hidup sehat serta rajin melakukan kegiatan olahraga. Hal ini dimaksudkan supaya kita terhindar dari penyakit jantung yang mematikan, meskipun telah ada dokter-dokter spesialis kardiologi,” tandas Lumentut.

 

Simposium MACAU 2018 digelar PERKI dalam rangka Kongres PERKI di Manado. Perlu diketahui Kardiologi adalah suatu cabang kedokteran yang berhubungan dengan studi dan perawatan kelainan pada sistem kardiovaskular, yaitu jantung, pembuluh darah, dan pembuluh nadi. Kardiologi seringkali dipandang sebagai sub-spesialisasi dalam bidang kesehatan organ tubuh bagian dalam.

 

Baca juga:  Perumda Pasar Manado Tak Pernah Melarang Penginjil Jalanan Menggelar KKR Didepan Shopping Centre

Cabang ini memusatkan perhatian terhadap diagnosa dan perawatan kondisi kardiovaskular mulai dari kelainan yang bersifat bawaan hingga penyakit-penyakit jantung termasuk gagal jantung dan penyakit jantung koroner.

 

Dokter jantung merupakan para ahli yang memusatkan perhatian di bidang kardiologi dan bertanggung jawab akan penanganan kesehatan dari beragam penyakit jantung. Mereka menjalankan dan menafsirkan tes-tes diagnostik dan menjalankan tindakan-tindakan yang bersifat intervensi termasuk angioplasty atau pembalonan jantung.

 

Adapun hajatan tersebut turut dihadiri Ketua PERKI Sulawesi Utara. dr. Jandry A. Pangemanan, SpJP(K), FIHA, Kepala bagian Cardiology dan Kedokteran dr. Agnes Lucia Panda, SpPD, SpJP(K), dan Ketua KSM Ilmu Penyakit Jantung Dan Pembuluh darah Prof.Dr.dr. Reggy Lefrandt, SpJP, dr. Jan Harny Awaloei SpPD, SpJP(K) dan perwakilan dari RSUP PROF KANDOUW Dr.dr. David Kaunang, SpA.  (redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *