Pembangunan Terus Digalakkan di Kota Tomohon

Tomohon36 Dilihat
Pembangunan
Taman Kabasaran yang baru diresmikan walikota beberapa waktu lalu (foto: humas)

 

TOMOHON – Peningkatan infrastruktur, iklim investasi, sumber daya dan kualitas lingkungan hidup adalah tema pembangunan yang terus digalakkan di Kota Tomohon. Melalui program EMAS : E-goverment, Merubah wajah Kota, Akselerasi Pembangunan, Smart City.

 

Dalam capaian pembangunan yang telah dilaksanakan di Kota Tomohon yakni pembangunan Sport Center yang berlokasi di Stadion Parasamnya Tomohon, termasuk penataan stadion dengan tribun serta pembangunan sarana prasaran penunjang lainnya seperti jalan, kantor, renovasi pasar beriman, jalan setapak dan jembatan serta bangunan kantor.

 

Selesainya pembangunan Taman Kabasaran yang telah diresmikan Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE.Ak pada tanggal 26 Januari 2019. Hadirnya ikon baru Kota Tomohon yakni Menara Alva & Omega, Taman Kabasaran dan Hutan Kota,Rumah Sakit Umum Daerah Pratama ‘Anugerah’ serta obyek-obyek wisata seperti Jendela Dunia, Valentine Hill, Puncak Kaisanti & Wellu Cafe yang langsung merubah wajah Tomohon serta menambah daya tarik Kota wisata yang menunjang destinasi kepariwisataan di Kota Tomohon Provinsi Sulawesi Utara. Begitu juga dengan Pengembangan Hutan Kota yang terintegrasi dengan kegiatan pariwisata olahraga dan ekonomi kerakyatan 

 

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman, SE.AK melalui Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir.Harold V. Lolowang, M.Sc saat memimpin rapat baru-baru ini dalam rangka pengembangan dan penataan (Taman Kabasaran, Menara Alva & Omega serta Hutan Kota) mengatakan bahwa Pemerintah Kota Tomohon melalui perangkat daerah terkait akan secara intens nantinya untuk mengelola dan memberdayakan hasil-hasil pembangunan yang telah merubah wajah Kota Tomohon sesuai visi misi Walikota dan Wakil Walikota.

Baca juga:  Walikota Tomohon Sampaikan Belasungkawa Atas Berpulangnya Alm Drs Ferlij Pijoh

 

“Hasil karya ini nantinya menjadi penggerak ekonomi kerakyatan yang bedampak luas. Tentu masyarakat dapat memanfaatkan peluang-peluang ini. Tentu bagi publik termasuk pengunjung Kota Tomohon diharapkan dapat menjaga dan memelihara hasil-hasil pembangunan ini,” ujar Wali Kota Eman melalui Sekot Lolowang, Senin (11/2/19).

 

Lolowang mengatakan pengelolaan yang fokus dan terarah dalam mengembangkan pembangunan Taman Kabasaran, Menara Alfa & Omega serta Hutan Kota akan dilakukan untuk lebih menggerakkan ekonomi masyarakat yang akan saling kait mengait antara satu dengan lainnya sehingga berdampak positif bagi kemajuan pembangunan dan perekonomian masyarakat Tomohon dan sekitarnya.

 

“Untuk Taman Kabasaran yang menunjang Mall Pelayanan Publik Wale Kabasaran sebagai ruang publik yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat Kota Tomohon secara gratis terutama masyarakat yang datang ke Mall Pelayanan Publik dan juga masyarakat dari luar Kota Tomohon,” jelasnya.

Baca juga:  Wawali SAS Ikuti Paripurna Terkait Ranperda Pengelolaan Barang Milik Daerah

 

Lanjutnya, pembangunan Taman Kabasaran menjadi lokasi bagi masyarakat umum 1×24 jam untuk berekreasi, berolah raga, pesta nikah, taman sumber inovasi improvisasi dalam menciptakan inovasi, spot foto dan selfie serta tempat bermain anak-anak. Dilengkapi pula dengan free wi-fi. Untuk penggunaan taman ini silahkan menghubungi Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Tomohon.

 

Diketahui, Taman kabasaran memiliki luas 5.681,25 m² (0.568 ha) yang terdiri dari A.Bangunan kios luas ± 116 m² di sisi Utara terdiri dari Ruang Kios,dilengkapi Toilet, kloset duduk, kloset jongkok, urinoir, washtafel, hand dryer & tempat tissue; B. Bangunan toilet di sebelah Selatan luas ± 95 m² terdiri dari toilet laki-laki dan perempuan yang dibuat terpisah, dilengkapi kloset duduk dan kloset jongkok untuk masing-masing ruangan, urinoir, washtafel, hand dryer, tempat tissue.

 

C.Plaza Taman Wedding dan Kolam di bagian tengah dengan luas ± 542 m² dilengkapi lampu hias taman, air mancur, ring pipa (simbol cincin). D. Landscape pedestrian panjang 345 m,lapangan, playground, bundaran, ruang duduk (luas ± 425 m²), terowongan bunga 2 unit, taman-taman bunga dengan berbagai jenis bunga lokal Kota Tomohon, dilengkapi lampu-lampu taman berbagai jenis dan ukuran untuk memperindah taman terutama di malam hari. (denny)