Positif Corona, Pria Asal Manado di Isolasi

Manado54 Dilihat

 

MANADO – Pria 51 tahun asal Manado dinyatakan positif terpapar Virus Corona (Covid-19). Hal tersebut dikatakan langsung oleh Dirut RSUD Prof Kandou Malalayang, Manado Dr.dr.Jimmy Panelewen,Sp.B-KBD.

 

“Pasien tersebut dinyatakan positif Covid-19, rumah sakit kandou siap, dan sudah melakukan langkah sesuai dengan protap yang ada,” kata Panelewen, Sabtu (14/3/20)

 

Pasien tersebut memiliki riwayat perjalan umrah, pada 9 Maret 2020 pasien di rujuk ke Prof Kandou dari salah satu rumah sakit di Manado. Saat ini pasien tersebut dirawat di ruang isolasi Irina F RSUP Prof Kandou Malalayang, Manado

 

Jimmy Panelewen menghimbau kepada masyarakat agar tidak panik dan waspada. “Tetap jangan panik dan waspada, saya juga telah mengumpulkan staf untuk menyampaikan ini karena bagaimana pun juga walaupun orang kesehatan pasti ada kekuatiran,” ujarnya.

Baca juga:  Dituduh Dugaan Penghinaan, Angouw: Saya Tak Kenal Arthur Mumu, Siapa Dia?

 

“Tapi, upaya kami untuk menguatkan masyarakat tidak perlu jadi rusuh atau tidak tenang, tetap prinsip kesehatan kita kerjakan, kondisi tubuh tetap kita pertahankan agar ada di kondisi yang terbaik,” tandasnya.

 

Dirinya mengatakan, kondisi pasien secara klinis baik, tapi ada juga penyakit lain yang beresiko tinggi.

 

“Pasien kondisinya baik, kemudian dia juga ada beberapa penyakit seperti ginjal dan gula, itu juga yang memang resiko tinggi,” terangnya.

 

Dirinya juga menghimbau agar rumah sakit yang lain jangan ada istilah jadi fobia. “Perhatikan bentuk kriterianya. Proses sterilisasi juga tetap kita kerjakan berupa disinfektan,” tandasnya. (Afr)