Walikota Manado Pantau Progress TPA Sumompo

Berita Utama, Manado38 Dilihat
Walikota Manado Andrei Angouw saat memantau progres TPA Sumompo

 

MANADO – Wali Kota Manado Andrei Angouw melakukan kegiatan turun lapangan melihat hal-hal yang urgen demi kepentingan masyarakat Manado sekaligus temu warga dan berdialog.

Kegiatan diawali dengan mengunjungi Griya Paniki Indah tepatnya di Taman Nursery Mapanget. Di tempat ini Walikota melihat taman yang ada dan berdialog dengan pekerja taman soal taman ini mulai dari pembibitan, pemeliharaan sampai pada pemanfaatan bunga-bunga yang ada, Sabtu (12/06/21).

Selesai dari tempat ini, Walikota kembali melanjutkan perjalanan menuju TPA Sumompo. Untuk kesekian kalinya Walikota hadir di TPA Sumonpo melihat progres penangangan bongkar aduk sampah di Lokasi ini.

Ketika awal setelah dilantik dimana Walikota dan Wakil Walikota melakukan pertemuan dengan seluruh Camat se Kota Manado membahas persoalan sampah, ditemui kendala utama adalah terlambatnya pembongkaran sampah di TPA Sumompo karena hanya satu escavator pembongkar sampah yang tersedia.

Inilah yang membuat antrean truk-truk sampah dari Kecamatan yang imbasnya penumpukan sampah ditempat-tempat pembuangan sementara baik yang ada di Kelurahan-kelurahan maupun di Kecamatan.

Baca juga:  PDI Perjuangan Kota Manado Gelar Buka Puasa Bersama

Masalah ini sejak awal sudah diantisipasi dan ketika AARS dilantik, maka selang sehari pelantikan penambahan escavator di TPA Sumompo sudah dilakukan. Saat ini dengan adanya 4 escavator, TPA Sumompo mulai kelihatan asri dan tertata dengan baik.

Bahkan sampah tidak lagi berserakan sampai dipinggir jalan dan tidak menggunung seperti sebelumnya sehingga tidak lagi terlihat kumuh, jorok dan kotor.

Walikota berkeinginan agar sampah di TPA ditata supaya nantinya ketika Pengelolaan Sampah Modern di Ilo-Ilo beroperasi, maka sampah di TPA Sumompo nantinya bisa diolah dan dimanfaatkan untuk pupuk, energi listrik dan hal-hal yang bermanfaat lainnya.

“Manado harus lebih baik dari sebelum-sebelumnya terutama bagaimana kita menata estetika Kota agar semakin menarik. Salah satunya adalah Kota Manado harus bersih. Makanya penanganan sampah harus bernar-benar dilakukan secara baik dan profesional serta tidak merugikan masyarakat secara umum,” ujar  Walikota.

Baca juga:  Terkait Dimulainya Proyek Reklamasi di Pantai Utara Manado, PT MUP Kunjungi Bunaken Kepulauan

Ketika AARS mendekkarasikan diri sebagai calon Walikota dan Wakil Walikota Manado, maka TPA Sumompo inilah yang menjadi lokasi pendeklarasian tersebut. Demikian halnya ketika AARS dilantik dan ditetapkan sebagai Walikota dan Wakil Kota terpilih pada 10 Mei 2021 TPA Sumompo menjadi lokasi pertama yang dikunjungi.

Makanya ketika TPA Sumompo menjadi target penyelesaian kebersihan di Kota Manado, ada historikalnya bahwa tempat ini salah satu tempat idola AARS untuk menjadikan Manado lebih baik.

“Akan dimulai dari sini kita jadikan Manado lebih baik kedepannya,” tegas Walikota saat pendeklarasian waktu awal pencalonan lalu.

Hadir mendampingi Bpk. Walikota dalam kunjungan kelapangan hari ini adalah Plt. DHL Kota Manado Bpk. Frangky Porawouw dan Plt. BPBD Kota Manado Bpk. Pitra Eman. (redaksi)