AARS Pimpin Rapat Evaluasi PPKM

Walikota Andrei Angouw dan Wawali Richard Sualang saat memimpin rapat evaluasi terkait PPKM (Foto: PAS)

 

MANADO – Wali Kota Manado  Andrei Angouw selaku Ketua Satgas Penanganan Covid 19 di Kota Manado didampingi Wakil Walikota dr Richard Sualang memimpin rapat evaluasi tentang Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di Kota Manado, Senin (19/07/21).

Diawal rapat Walikota menyampaikan gambaran umum Pelaksanaan PPKM Mikro di Manado saat ini. Selesai penyampaian umum, Walikota memberikan kesempatan forum rapat evaluasi memberikan gambaram apa yang sudah mereka lakukan dilapangan.

Walikota juga berharap agar diberikan gambaran jika ada masalah dilapangan dalam pelaksanaan PPKM termasuk meminta saran-saran dari kegiatan yang sedang dihadapi dilapangan.

Dari berbagai masukan dan pernyataan peserta rapat evaluasi, maka soal Koordinasi dilapangan penting dilakukan. Koordinasi ini bisa dilakukan dengan dengan TNI Polri dan unsur terkait lainnya dari Forkopimda Kota Manado.

Juga terangkat dalam rapat evaluasi adalah perlu dibuatnya Pos Komando (Posko) yang didalamnya ada TNI Polri dan unsur lainnya seperti Kejaksaan, Camat dan lain-lain.

Baca juga:  Pemkot Tomohon Gelar Toast Kenegaraan

“Posko ini juga dalam rangka mengolah administrasi dan informasi serta menjadi tempat berkoordinasi,” jelas Dandim Manado.

Bahasan lainnya yang menjadi fokus adalah permasalahan dan kendala dilapangan yang ditemui. Masalah koordinasi belum terbangun baik dan terutama bagaimana mengkoordinasi dengan jajaran pemerintahan ditingkat bawah Kecamatan dan Kelurahan.

Terkait pemakanan juga menjadi menarik dalam rapat evaluasi sebab menyangkut soal tempat pemakaman dimana, di Manado atau diluar Manado. Sebab akan menjadi masalah jika bukan orang Manado dan meninggal di Manado harus dimakamkan di Manado.

Demikian juga masih dalam kaitan pemakaman seperti mobil-mobil Ambulance menjadi bahasan sebab sering menjadi kendala jika ada warga yang meninggal karena covid.

“Konsep PPKM masih terlihat formalitas sebab banyak masyarakat yang tidak paham dan belum mengerti soal PPKM. Jadi memang perlu sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat soal konsep PPKM,” Kata Kapolres.

Menanggapi soal Posko, Walikota menyampaikan akan dibentuk bahkan akan diadakan sampai ditingkat Kecamatan. Walikota meminta untuk memberdayakan para Camat dan seluruh Lurah di Kota Manado untuk mengkoordinasi hal ini.

Baca juga:  Tahapan Kampanye Pilkada 2020 Berakhir Hari ini

Soal penguburan menurut Walikota nantinya akan dikoordinasikan dengan Pemerintah Provinsi khususnya dengan Bpk. Gubernur termasuk soal rumah singgah.

Tiga poin penting dari hasil evaluasi pelaksanaan PPKM di Kota Manado ini, adalah 1) soal koordinasi dilapangan 2) pembentukan pos komando dan 3) sosialisasi kepada masyarakat soal PPKM.

Hadir dalam rapat evaluasi ini, yakni Forkopimda Sulut, Sekot Manado Bpk. Micler C.S. Lakat, Asisten I  Heri Saptono, Kadis DLH Frangky Porawouw, dr. Yoy Zeekeon dari Dinkes Manado serta unsur teknis terkait lainnya.

 

Selesai rapat evaluasi dengan Forkopimda Manado, dilanjutkan dengan internalisasi Pemerintah Kota Manado yang melibatkan Walikota, Wakil Walikota, Sekot Manado, Asisten I, Kadis DLH dan pejabat lainnya. (**redaksi)