oleh

Danrem 131/Santiago Dampingi Ketua Tim Wasev Mabesad Pantau Pelaksanaan TMMD ke-111 Kodim 1310/Bitung

Bitung – Tim Pengawas dan Evaluasi (Wasev) Mabesad yang dipimpin Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) Kasad Letjen TNI R. Wisnoe Prasetija Boedi beserta staf Kolonel Inf Suatan dan Letkol Inf Timmy, meninjau langsung program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-111 tahun 2021 wilayah Kodim 1310/Bitung, di Kelurahan Kumersot,┬áKecamatan Ranowulu, Kota Bitung, Kamis (08/07/2021).

Kedatangan Tim Wasev Mabesad tersebut untuk meninjau sasaran fisik berupa perintisan jalan sepanjang 4.250 meter dengan lebar 6 Meter, MCK, poskamling, sekaligus peresmian penyerahan kunci satu unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) milik salah satu warga Kumersot.

Tim Wasev Mabesad Letjen TNI R. Wisnoe Prasetija Boedi yang didampingi Danrem 131/Santiago, Brigjen TNI Prince Meyer Putong di Lokasi TMMD disambut baik oleh Walikota Bitung Maurits Mantiri dan Wakil Walikota Hengky Honandar didampingi Dandim 1310/Bitung, Letkol Inf Benny Lesmana selaku Dansatgas TMMD ke-111.

Koorsahli Kasad Letjen TNI R. Wisnoe Prasetija Boedi dalam kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Bitung dan seluruh masyarakat yang sudah bersinergi dengan TNI dan sudah membantu serta mendukung sepenuhnya program TMMD ke -111.

“Saya berharap apa yang sudah dikerjakan ini hasilnya bisa dirasakan dan bermanfaat bagi masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan hidup sehari-hari,” kata Letjen TNI R. Wisnoe Prasetija Boedi

Dirinya juga mengatakan, dengan dibukanya akses jalan yang sudah di bangun tersebut dapat memudahkan masyarakat mengangkut hasil pertanian dengan kendaraan roda dua dan roda empat seperti kelapa dan hasil pertanian lainnya.

“Dari hasil pengawasan, kami sudah menerima paparan sari Dansatgas TMMD Letkol Inf Benny Lesmana di kantor walikota, dilihat dari progres pencapaian sudah mencapai 88 persen, dan ini saya bersama tim dan rombongan sudah melihat secara langsung dilapangan, rencana program TMMD ini ditutup pada tanggal 14 juli 2021, jadi saya sangat optimis target dan sasaran ini akan bisa tercapai dan selesai tepat waktu,” jelasnya

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Danrem 131/Santiago, Brigjen TNI Prince Meyer Putong menjelaskan bahwa, TMMD adalah program lintas sektoral dengan melibatkan kementerian atau lembaga dan non kementrian untuk membantu dan mempercepat infrastruktur pembangunan dan meningkatkan perekonomian, serta kesejahteraan hidup masyarakat meningkatkan kesadaran bela negara dan jiwa gotong royong serta kemanunggalan TNI dengan rayat.

“Ini salah satu bukti bahwa TNI selalu hadir ditengah tengah masyarakat dalam keadaan apapun dan bagaimanapun, yang menjadi prioritas program TMMD yaitu di daerah-daerah tertinggal atau terpencil,”

Danrem juga memberikan apresiasi serta berterima kasih kepada Pemerintah Kota Bitung
Selaku Danrem, saya apresiasi dan terima kasih kepada Pemkot Bitung, Dansatgas TMMD, serta masyarakat yang dijadikan sasaran TMMD di Kelurahan Kumersot.

“Ini sangat membantu dan kerja sama yang baik, sehingga dapat mencapai hasil yang diharapkan, sekali lagi saya salut dengan medan yang sangat sulit dan penuh rintangan ini bisa terbuka akses jalan, harapan saya kepada Dansatgas dan kepada Dan SSK sisa waktu yang ada dimaksimalkan untuk bekerja sehingga target yang diharapkan bisa selesai tepat waktu,” pungkasnya

Adapun sasaran program TMMD ke-111 kali ini diantaranya mengerjakan sasaran fisik berupa pembangunan jalan sepanjang 4.250 meter lebar 6 meter, drainase, Rumah Tidak Layak HUni (RTLH), Pembuatan MCK dan poskamling, serta sasaran kegiatan non fisik berupa penyuluhan kesehatan covid-19, pengobatan gratis, bahaya narkoba, bahaya teroris, kantibmas, penyuluhan pertanian dan kegiatan sosial lainnya.

Selain melakukan peninjauan Tim Wasev Mabesad dan rombongan, juga memberi bantuan sosial berupa sembako dan fasilitas olahraga kepada masyarakat di sekitar lokasi TMMD, serta melakukan penanaman pohon.

Hadir pada kegiatan Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka, Brigjen TNI Agus Saeful, Kapendam XIII/Merdeka, Kolonel Kav Mohammad Jaelani, Kasiter Kasrem 131/Santiago, Kolonel Inf Aco Lamama, Waaster Kasdam XIII/Merdeka, Letkol Inf Firdaus, Dandim 1310/Bitung, Benny Lesmana, Kasdim 1310/Bitung, Mayor Inf Hardy Gue, Kapenrem 131/Santiago, Mayor Inf Saul Malangkas, Camat Ranowulu dan Lurah Kumersot. (*/Afr)

 

News Feed