Walikota Andrei Angouw Terima Kunjungn KPUD Kota Manado

 

Walikota Manado Andrei Angouw saat menerima kunjungan KPUD Kota Manado

 

MANADO – KPUD Kota Manado melakukan koordinasi dengan Pemkot Kota Manado. Dipimpin Ketuanya Yusuf Wowor S.H mereka diterima oleh Walikota Manado diruang kerjanya, Senin (12/07/21).

Beberapa hal yang dikoordinasi termasuk kesiapan menghadapi Pesta Demokrasi 2024 nanti. Seperti yang disampaikan Ketua KPUD bahwa tahapannya akan dimulai Maret Tahun depan 2022 sehingga perlu adanya kesiapan KPUD terkait partisipasi dan data pemilih.

Bahkan dikatakan pemutahiran data pemilih sedang dilaksanakan oleh KPUD. Meraka berharap mendapatkan Data Pemilih yang berkualitas dan adanya kerjasama yang baik dengan pemerintah teristimewa jajaran pemerintahan tingkat bawah seperti ditingkat Kelurahan-Kelurahan.

KUPD juga berharap agar memiliki data valid dari Didukcapil Kota Manado. Mereka juga berkeinginan adanya MoU dengan Pemerintah Kota untuk “Pemutahiran Data Berkelanjutan”.

Baca juga:  Ir Stefanus BAN Liow Mendaftar di KPU Untuk DPD RI 2019-2023

Selanjutnya mereka juga menyinggung anggaran dalam kaitan dengan pemutahiran data ini. Tahapan pemutahiran data ini salah satu kegiatan yang akan dilakukan KPUD berdasarkan aturan dan undang-undang yang berlaku. “Jadi prosesnya memang diserahkan kepada KPUD,” kata personil KPU yang hadir.

Walikota Manado Andrei Angouw menanggapi bahwa soal pemutahiran data memang akan dilakukan terus menerus.
“Nanti semua akan dikoordinasikan, termasuk dengam Capil,” kata Walikota.

Soal pendanaan bagi Walikota, nantinya akan diliat bagaimana mengaturnya. Walikota menyinggung penataan anggaran diera covid yang serba sulit sebab begitu banyak anggaran yang akan digeser untuk kepentingan penyelesaian pendemi covid.

Yang terakhir soal Gedung KPUD yang rawan banjir nantinya akan dipikirkan oleh Walikota bagaimana jalan keluarnya. Termasuk bagaimana melebarnya sungai atau saluran disekitar lokasi tersebut.

Baca juga:  Warga di Pulau Bunaken, Manado Tua dan Siladen Antusias Sambut AARS

Diakhir koordinasi KPUD menyerahkan Buku ‘Dinamika Hukum PILKADA, Mitigasi Pelanggaran dan Implementasi Penyelesaian Hukum Kepada Bapak Walikota.

Selesai pertemuan Walikota langsung menindaklanjuti dengan memanggil Kadis Dukcapil Julises Deffie Oehlers S.H. untuk mensinkronkan hasil pembicaraan dengan KPUD sebelumnya. (**redaksi)