Sekda Kuhu Jadi IRUP Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-93

Minahasa Utara63 Dilihat
Pemkab Minut Gelar Upacara Peringati Hari Sumpah Pemuda Ke-93

 

Minut – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) dibawah kepemimpinan Bupati Joune Ganda, S.E. dan Wakil Wakil Bupati Kevin W Lotulung, S.H., M.H. melalui Dinas Pemuda dan Olahraga menggelar Upacara dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda (HSP) Ke-93, dengan tema “Bersatu, Bangkit dan Tumbuh”, yang dilaksanakan di lapangan kantor Pemkab Minut pada Kamis, 28 Oktober 2021.

Kepala-kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hadir dalam uparaca HSP Ke-93 dengan mengenakan pakaian adat khas Minahasa, dengan menerapkan protokol covid-19 yang ketat.

 

Sekretaris Daerah Ir. Jemmy Hengki Kuhu, MA. bertindak sebagai pemimpin upacara dalam amanatnya membacakan amanat tertulis Menteri Pemuda Dan Olahraga RI Dr. Zainudin Amali M.Si.
“Hari Sumpah Pemuda Hari Sumpah Pemuda ke-93 kali ini mengambil tema “Bersatu, Bangkit dan Tumbuh”. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda”, ujar Sekda Ir. Jemmy Hengki Kuhu, M.A.

Lanjutnya, “Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.Tema Bersatu, Bangkit dan Tumbuh ini sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi penting karena di tangan pemuda lah kita berharap Indonesia bisa Bangkit dari keterpurukan akibat Pandemi dan melangkah lebih maju untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Baca juga:  Pimpin Apel, Bupati Joune Ganda Canangkan Budaya Inovasi yang Berdampak

Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan global demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik”, tukas Sekda Ir. Jemmy Hengki Kuhu, M.A. saat membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Dr. Zainudin Amali, M.Si.

Di kesempatan yang sama, usai mengikuti upacara HSP Ke- 93 Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Minut, Drs. Maximillian Tapada, M.Si. mengatakan, “Momentum Hari Sumpah Pemuda menjadi semangat bagi generasi muda untuk berperan aktif dalam pembangunan karakter.
Tema bersatu, bangkit dan bertumbuh menjadi penguat bagi generasi muda agar tidak terjerumus pada hal-hal negatif apalagi soal kenakalan remaja, narkoba bahkan juga hoax.

Baca juga:  Bupati Joune Ganda Targetkan Angka Stunting 2024 Minut 1 Digit

Bangkit mengacu pada peran generasi muda untuk tetap eksis dalam perkembangan dunia namun tidak meninggalkan norma-norma yang berlaku. Persatuan dan kesatuan juga adalah harga mati yang harus menjadi perekat bagi pergaulan sehingga itu bisa di tularkan kepada generasi muda yang lain”, ujar Kadis Maximillian Tapada.

Kadis Tapada menambahkan, ”Dimasa pandemi ini, generasi muda juga wajib berperan dan menjadi pelopor bagi masyarakat, dengan disiplin patuhi aturan Pemerintah, menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, juga memacu Vaksinasi agar tercapai Herd Immunity lewat Vaksinasi, semua sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19”, tutur Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Minut, Drs. Maximillian Tapada, M.Si.

 

Hadir dalam Upacara Hari Sumpah Pemuda ke 93 Tahun Tingkat Kabupaten Minut yakni Pimpinan OPD dan Staf Khusus Bupati Bidang Pembinaan Pemuda dan Olahraga A. Koba Kalengkongan, S.H. yang mendapat kehormatan membacakan UUD 1945, dan peserta upacara adalah unsur generasi muda dari KNPI, Karang Taruna, Pelajar SMU/SMK, Anggota Paskibraka dan Pramuka.

(enol)