Bupati Joune Ganda Hadiri Bimtek Tahap Empat Penyusunan Master Plan Smart City

Minahasa Utara24 Dilihat

 

Bupati Minahasa Utara Joune Ganda Menandatangani Kesepakatan Bersama Kabupaten Minahasa Utara Menuju Smart City

 

Minut – Bupati Minahasa Utara Joune Ganda, S.E. menghadiri Bimbingan Teknis Tahap 4 Penyusunan Master Plan Smart City Minahasa Utara yang di gelar oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Minahasa Utara di JG Center, selama dua hari, Rabu dan Kamis, 10 dan 11 November 2021.

Bupati Joune Ganda dalam penyampaiannya di Bimbingan Teknis mengatakan, “Kegiatan Bimbingan Teknis Tahap 4 Penyusunan Master Plan Smart City Minahasa Utara ini, dimana proses Kabupaten Minahasa Utara menuju Smart City dan ini merupakan suatu keharusan, dari Pemerintah sendiri harus mempersiapkan banyak hal, dan tadi sudah disepakati bersama, ini merupakan komitmen dari kita semua para Organisasi Perangkar Daerah (OPD) untuk kita menuju Kabupaten Smart City”, ujar Bupati Joune Ganda.

 

Lanjutnya, “Smart City ini merupakan program dari Pemerintah Pusat, didorong kepada Kabupaten/Kota di Indonesia, salah satunya Kabupaten Minahasa Utara untuk mengembangkan teknologi di era 5.0 dan 4.0 yang sementara mulai kita hadapi, apalagi kita memiliki Daerah Pariwisata Super Proritas (DPSP) di Likupang, dimana kita juga harus membawa, mengkomunikasikan bahkan mensosialisasikan program-program yang berkaitan dengan digital ini agar bisa dipergunakan di DPSP Likupang”, jelas Bupati Joune Ganda.

Baca juga:  Lestarikan Lingkungan, BAKAMLA Bersama Pemerintah Desa Bahoi Patroli Perairan Pesisir dan Kerja Bakti

 

 

Tim Penyusunan Master Plan Smart City dari Kementerian Kominfo RI, Andrari Grahtandaru M., D.R. mengatakan, “Program Gerakan Menuju Smart City merupakan sebuah upaya mendorong Pemerintah Daerah untuk membangun wilayahnya dengan memanfaatkan teknologi komunikasi, dengan memperluas pendampingan pengembangan Kota Cerdas di kawasan pariwisata prioritas nasional dan kawasan ibu kota negara baru, yang akan semakin meneguhkan kebangkitan sektor digital Indonesia”, ujar Andrari Grahtandaru,

 

Lanjutnya, Program Smart City ini menekankan pada 6 pilar utama Smart City yaitu : Smart Governance, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society, dan Smart Environment.
Bagaimana membangun kesiapan menjadi Smart City :
– Kesiapan SDM, Kemampuan birokrasi kemampuan anggaran
– Kesiapan Infrastruktur Fisik, TIK dan sosial
– Kesiapan kebijakan (Peraturan Daerah) kelembagaan, Dan pelaksanaan.
Infrastruktur di Smart City sangat penting. Ada 3 pilar yaitu : Struktur, Infrastruktur dan Suprastruktur”, jelas Tim Penyusunan Master Plan Smart City dari Kementerian Kominfo RI, Andrari Grahtandaru M., D.R.

Baca juga:  Paskah Ke Dua, Bupati VAP Berbagi Kasih

Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Minahasa Utara, Theodora Lumingkewas mengatakan, “Mengucapkan terima kasih kepada Bupati Minahasa Utara Joune Ganda, S.E. yang sudah hadir dan sekaligus menutup kegiatan Bimbingan Teknis Tahap 4 Penyusunan Master Plan Smart City Minahasa Utara yang sudah berlangsung selama dua hari ini.

Kami Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Minahasa Utara akan benar-benar mempersiapkan diri menjadi bagian dari Smart City. Diantaranya dengan menyusun Rencana Induk (master plan) Smart City Kabupaten Minahasa Utara, ini yang menjadi salah satu tujuan dilaksanakannya bimtek ini, tentunya dengan pendampingan dan dukungan dari Kementerian Kominfo RI dalam penyusunan master plan Pemkab Minahasa Utara dalam program Smart City ini”, ujar Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Minahasa Utara, Theodora Lumingkewas.

Bimtek Tahap 4 Smart City diikuti oleh para kepala-kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan para camat dan kegiatan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

(enol)