Kementrian Pertanian Sambangi Pemkot Tomohon

Berita Utama, Tomohon197 Dilihat
Kunjungan Tim Puslitbang Hortikutura Kementrian Pertanian di kediamanan walikota Tomohon (Foto: Prokopim)

TOMOHON – Tim Pusat penelitian dan pengembangan (Puslitbang) Hortikutura Kementrian Pertanian melakukan kunjungan koordinasi ke Pemerintah Kota Tomohon dan diterima Wali Kota Caroll Senduk di Kediaman pribadi  di Kelurahan Kakaskasen, Kamis (03/02/22).

Tim Puslitbang yang dipimpin oleh Kepala Balai Penelitian Tanaman Hias Kementrian Pertanian DR. Ir. Muhammad Thamrin, MSi bersama Tim didampingi Kepala BPTP Sulut DR. Ir. Ismail Maskromo, MSi, diterima langsung oleh Walikota Tomohon Caroll J.A. Senduk, SH.

Maksud dan tujuan kunjungan koordinasi tersebut adalah, dalam rangka Pengembangan Agribisnis Krisan Tomohon menuju ekspor dan sebagai tindak lanjut dari kegiatan FGD Krisan tanggal 18 Oktober 2021 dan Workshop serta Temu Lapang tanggal 3 Desember 2021 di Kota Tomohon.

Baca juga:  Paniki Dua Utusan Kecamatan Mapanget di Lomba Perkembangan Kelurahan

“Perlu kiranya kami Tim dari Puslitbang Hortikultura melakukan pertemuan dengan pihak pemerintah Kota Tomohon,” ujar tim dari Puslitbang.

Tujuan diselenggarakannya pertemuan ini adalah untuk melakukan evaluasi, diskusi dan koordinasi lebih lanjut terkait rencana ekspor krisan di kota Tomohon dan melakukan pembahasan langkah-langkah yang harus segera dilakukan oleh Pemerintah Kota Tomohon terkait hal tersebut.

Sementara Wali Kota Tomohon Caroll J.A. Senduk, SH menyampaikan trerima kasih kepada Tim Puslitbang Hortikultura, kiranya semua yang direncanakan dapat berjalan dengan baik, oleh sebab itu semua harus dipersiapkan dengan baik berdasarkan road map dari benih sampai produksi, pembeli, eksportir serta negara tujuan.

“Perlu juga diperhatikan pokok-pokok dalam eksport yakni kualitas dan kontinuitas, jadi tim harus lebih fokus agar semua yang direncanakan dapat direalisasikan tidak hanya sampai pada pembahasan-pembahasan. Sunguh luar biasa apabila Eksport bunga Krisan ini dapat berhasil tentunya ini akan berdampak positif untuk perkembangan dan kemajuan Kota Tomohon,”pungkas Senduk.

Baca juga:  Tim Penilai Lomba Evaluasi Perkembangan Kelurahan Kunjungi Bunaken Kepulauan

Hadir juga Kadis Pertanian dan Perikanan Daerah Kota Tomohon Steven Waworuntu, SSTP. (**denny)