oleh

Kunjungi Prajurit Secata Rindam XIII/Merdeka dan Kodim 1310/Bitung, Ini Pesan Pangdam Mayjen TNI A. Denny Tuejeh

Manado – Pangdam XIII/Merdeka, Mayjen TNI A. Denny Tuejeh kunjungi Prajurit dan Ibu-ibu Persit Secata Rindam XIII/Merdeka dan Kodim 1310/Bitung, Rabu (16/03/2022). Dalam kunjungan tersebut Pangdam berpesan agar para Prajurit dan Persit yang hadir untuk peduli dengan putra putrinya, baik pendidikan maupun pergaulannya.

“Awasi mereka dengan baik, bimbing mereka, jadilah teladan bagi mereka,’ tegas Pangdam

Kunjungan Pangdam XIII/Merdeka tersebut diawali dengan meninjau ke Markas Sekolah Calon Tamtama (Secata) Rindam XIII/Merdeka, tempat mencetak prajurit-prajurit baru TNI AD. Dalam kesempatannya, Mayjen TNI Tuejeh mengecek kebersihan dan kerapian ruangan kelas dan barak yang dipakai oleh para Prajurit Siswa Secata Rindam XIII/Merdeka.

Kapendam XIII/Merdeka, Letkol Jhonson M. Sitorus menjelaskan bahwa, salah satu indikator kedisiplinan Prajurit TNI adalah kebersihan dan kerapian. Sikap hidup bersih dan rapi ini harus digembleng dari sejak awal menjadi Prajurit TNI.

“Panglima ingin memastikan bahwa sikap disiplin ini benar-benar ditumbuhkan kepada calon-calon prajurit angkatan darat,” jelas Letkol Sitorus.

Usai meninjau Secata, rombongan Pangdam XIII/Merdeka menuju ke Kodim 1310/Bitung untuk memberikan pengarahan kepada para Prajurit dan Ibu Persit yang ada di Kota Bitung. Dalam pengarahannya, Pangdam mengatakan bahwa semua orang itu punya kesuksesan dan keberhasilannya masing masing, tergantung bagaimana cara membina keluarganya masing-masing.

“Tidak ada keluarga yang tidak punya masalah. Semua pasti punya masalah. Tergantung bagaimana cara kita menyikapi permasalahan itu,” ujar Pangdam

Pangdam juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada para Prajurit Kodim 1310/Bitung yang telah menjadi pasukan terdepan dalam penanganan pandemi covid-19, khususnya yang berperan aktif dalam pendisiplinan PPKM.

Khusus kepada para pelatih Secata Rindam XIII/Merdeka, Pangdam berpesan agar jangan salah mendidik, karena Secata adalah tempat untuk mengubah seorang sipil menjadi seorang militer.

‘’Saya ingin Prajurit Kodam XIII/Merdeka yang selesai mengikuti pendidikan di Secata tampil gagah, tidak loyo, dan mampu melaksanakan tugas yang diperintahkan secara optimal,’’ tambah Pangdam.

Di akhir kunjungannya, Pangdam XIII/Merdeka beserta Ibu Ketua Persit KCK Daerah XIII/Merdeka melakukan penanaman pohon mangga Madu dan pohon Matoa.

Hadir saat kunjungan tersebut Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Wirana Prasetya Budi, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Mukhlis, Asrendam, Aslog dan Aster Kasdam XIII/Merdeka, serta para Kabalakdam XIII/Merdeka dan Pengurus Persit KCK PD XIII/Merdeka.