Tingkatkan Kemampuan Prajurit, Kodim 1309/Manado Gelar Pembinaan Kesiapan Apwil

Manado159 Dilihat

Manado – Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan kesiapan prajurit dalam pelaksanaan pembinaan teritorial dan pemberdayaan wilayah pertahanan di wilayah, Kodim 1309/Manado melaksanakan kegiatan Pembinaan Kesiapan Dan Kemampuan Teritorial (Binsiap Apwil dan Puanter) Aparat Kowil Semester I TA. 2022 di Lapangan Serba Guna Makodim 1309/Manado, Rabu (30/03/2022).

Kegiatan Binsiap Apwil dan Puanter ini dilaksankan dengan tujuan agar seluruh Aparat Komando Kewilayahan mampu dan menguasai pengetahuan tentang materi Binsiap Apwil dan Puanter serta memiliki kesamaan perencanaan dalam menjalankan tugas pembinaan teritorial dari mulai tingkat perorangan maupun satuan.

Dandim 1309/Manado, Kolonel Inf Daniel Lalawi dalam sambutannya menyampaikan beberapa arahan tentang pentingnya sosialisasi materi kepada anggota teritorial agar nantinya bisa lebih memahami tugas dan tanggung jawabnya, sehingga menumbuhkan rasa percaya diri dan tidak terjadi keraguan dalam mengaplikasikan atau melaksanakan tugas di wilayah.

Baca juga:  Micler Lakat Tutup Giat Program Pandai Berhitung Metode Gasing Jenjang SD & SMP

“Aparat kewilayahan dalam hal ini Babinsa dituntut profesional serta dapat berinteraksi maupun berintegrasi dengan komponen masyarakat dalam melaksanakan tugas, sehinga akan terbentuk kesamaan pendapat langkah dan tindakan dalam menjalankan tugas,” kata Dandim.

Dandim juga menyampaikan bahwa, melalui kegiatan Binsiap Apwil dan Puanter ini kita akan mampu meningkatkan kemampuan kerja, baik manajemen teritorial maupun pembinaan di wilayah. Kegiatan ini juga merupakan bagian yang sangat penting bagi kesiapan seluruh aparat kewilayahan dalam menjalankan fungsi pembinaan teritorial sekaligus sebagai fungsi penting yang utama di TNI Angkatan Darat.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Prajurit dalam melaksanakan, tugas di wilayah, sehingga terwujud Prajurit yang memiliki mental, disiplin, semangat yang tangguh dan profesional,” ungkap Dandim.

Baca juga:  Terkait Pemutakhiran Data Pemilih Serta Penggunaan E-Coklit, KPU Sulut Gelar Bimtek

Untuk materi Binsiap Apwil dan Puanter yang diberikan dalam kegiatan ini diantaranya Sikap Teritorial, Lima Kemampuan Teritorial, Metode Binter, dan Pengetahuan Pencegahan Covid 19.