Pembangunan Drainase Desa Lopana Satu Di Anggarkan Melalui ADD

Minahasa Selatan139 Dilihat

MINSEL-. Pembangunan drainase yang berlokasi di wilayah jaga tujuh (7) Desa Lopana Satu Kecamatan Amurang Timur sementara dikerjakan oleh masyarakat dengan panjang 75 meter, Kamis (02/06/22).

Alokasi Dana Desa (DD) untuk pembangunan drainase tersebut sebesar Rp. 33,728,700. Pembangunan drainase dikerjakan secara swakelola oleh TPK (Tim Pelaksana Kegiatan) desa Lopana Satu yang diketuai oleh Jofnie Kandoli.


Tujuan dibangunnya drainase ini untuk memperlancar dan mengefektifkan saluran air agar pada saat hujan saluran air tidak tersumbat dan menyebabkan banjir. Selain itu juga untuk memperindah tata kelola lingkungan desa utamanya wilayah jaga tiga sehingga menjadi lebih tertata, bersih dan tidak kumuh.

Sebelum dilakukan pengerjaan, pejabat Hukum Tua Desa Lopana Jofnie Kandoli menghimbau kepada warga desa yang memiliki rumah disekitar drainase yang akan dibangun tersebut untuk secara swadaya menebang pohon – pohon yang ada di dekat drainase.


Hal tersebut untuk mempermudah pekerja saat mengerjakan pembangunan drainase. Dengan bertambahnya pembangunan infrastruktur desa yaitu salah satunya drainase tersebut, diharapkan dapat menjadi salah satu faktor untuk mengoptimalkan perekonomian warga desa.

Sebelum melakukan pekerjaan Drainase, pemerintah Desa Lopana Satu lebih dulu memanjat doa untuk peletakan batu. (Ever)