Walikota Sebut ASN Harus Profesional Menjalankan Tupoksi

(Foto: PAS)

MANADO – Aparatur Sipil Negara atau ASN tidak kalah kinerjanya dengan Tenaga Harian Lepas atau THL, makanya ASN harus profesional menjalankan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) yang melekat pada dirinya.

Hal tersebut disinggung Wali Kota Manado Andrei Angouw saat memberikan sambutan di kegiatan Pelatihan Peningkatan Kinerja Aparatur Kecamatan di Lingkungan Pemerintah Kota Manado yang dilaksanakan di Aula BKPSDM Manado, Selasa (30/08/22).

“ASN di Pemkot Manado harus berperan jangan cuma tau tandatangan atau absensi saja dan tidak tau apa yang harus dikerjakannya,” ujar Walikota.

Walikota menjelaskan tiga hal penting dalam organisasi apapun itu termasuk dibidang pemerintahan yakni; 1. harus ahli sesuai dengan pekerjaannya, 2. harus rajin dan etos kerja harus tinggi serta semangat bekerja, 3. karakter yakni harus jujur dan berintegritas.

Baca juga:  Wawali Richard Sualang Buka Puasa Bersama Jamaah Masjid Al-Amin Dendal

Bagi Walikota Tiga hal ini saling melengkapi terutama soal karakter yang harus benar-benar melekat dalam setiap orang apalagi bagi seorang ASN.

Diketahui, walikota dalam kegiatan pelatihan yang dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia ini didampingi oleh Asisten I Drs. Heri Saptono dan Kepala BKPSDM Kota Manado Donald Supit S.H.

Setelah dilaksanakan acara pembukaan, kegiatan awal adalah laporan pelaksanaan yang disampaikan oleh Kabid Pengembangan Aparatur BKPSDM. Acara dilanjutkan dengan sambutan Walikota Manado.

Kata Walikota, pelatihan seperti ini sangat penting. Ini merupakan keseriusan pemerintah kota untuk meningkatkan sumberdaya aparat. Hal ini juga supaya aparat pemerintah kota Manado menjadi ahli di bidang masing-masing.

Baca juga:  Sekda Micler Lakat Buka Sosialisasi Peningkatan IEPK

“Berharap kegiatan ini dapat diikuti dengan baik sebab ini untuk meningkatkan kompetensi jajaran Pemkot terutama bagi ASN,” ucap Angouw.

Usai sambutan, Walikota membuka secara resmi Pelatihan Peningkatan Kinerja Aparatur Kecamatan ini yang ditandai dengan penyematan tanpa peserta secara simbolis.

Adapun peserta dari Kecamatan sebanyak 30 orang dengan narasumber dari Pemerintah Provinsi dan Pejabat dilingkungan Pemerinrah Kota Manado. (**denny)