Di Paripurna Walikota Sampaikan Penjelasan Terkait Ranperda APBDP 2022

Berita Utama, Manado69 Dilihat
Andrei Angouw

MANADO – Wali Kota Manado Andrei Angouw menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kota Manado yang dilaksanakan di Ruang Paripurna DPRD Manado Jalan Pemuda Sario Utara Kecamatan Sario Manado, Jumat (02/09/22).

Rapat Paripurna ini dalam rangka Pembicaraan Tingkat I dengan agenda penyampaian penjelasan Walikota Manado terhadap Ranperda tentang Perubahan APBD Kota Manado Tahun Anggaran 2022, serta Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi terhadap Perubahan APBD Tahun Anggaran 2022.

Setelah dibuka dan penyampaian umum oleh Ketua DPRD Kota Manado, Ibu Dra. Altje Dondokambey M.Kes.,Apt, rapat paripurna dilanjutkan dengan penyampaian penjelasan Walikota terhadap ramperda Perubahan APBD Kota Manado tahun anggaran 2022.

Dalam penyampaian penjelasanya, Walikota menggambarkan secara gairs bersar postur anggaran Perubahan APBD 2022 ini.

Baca juga:  Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kota Manado Mengucapkan Selamat Merayakan Paskah 2024

Walikota juga menyampaikan soal pendapatan daerah 1.630 T terutama PAD yang terjadi penurunan 457,937 M. Juga disampaikam tentang pendapatan transfer serta lain-lain pendapatan daerah yang sah seperti pendapatan BOS dan JKN. Anggaran Belanja seperti belanja operasi, Belanja Modal serta belanja tidak terduga ikut dibeberkan Walikota.

Untuk Pembiayaan terutama penerimaan terjadi kenaikan yang merupakan ketambahan dari SILPA. Pengeluaran Pembiayaan ikut disampaikan ada kenaikan seperti penyertaan modal daerah dan penyertaan hutang yang jatuh tempo.

” Berharap agar rancangan Perubahan APBD 2022 bisa dibahas antara TAPD dengan Banggar DPRD Kota Manado,” ujar Angouw

Setelah penjelasan Walikota, Rapat paripurna diskor untuk memberi waktu kepada Fraksi-Fraksi menyiapkan Pemandangan Umumnya.

Baca juga:  Walikota, Wawali, Sekda Buka Puasa Bersama Jamaah Al-Kautsar Kairagi Dua

Setelah skor dicabut oleh Ketua DPRD untuk kelanjutan rapat paripurna, maka setiap fraksi bersepakat bahwa Pemandangan Umun Fraksi tidak dibacakan tapi langsung diserahkan dimeja pimpinan.

Tambahan penjelasan dari Walikota nantinya akan diterima anggota DPRD Kota Manado secara tertulis sebelum adanya Pembahasan antara TAPD dengan Banggar DPRD Kota Manado.

Hadir dalam rapat paripurna ini Pimpinan dan anggota DPRD Kota Manado, Sekretaris Pemerintah Kota Bpk. Dr. Micler C.S. Lakat S.H.,M.H, Forkopimda Manado, Kepala SKPD, Camat serta undangan lainya. (**denny)