dr Merry Optimis Manado Raih Swasti Saba Wistara

Berita Utama, Manado58 Dilihat
Sekretaris Daerah Kota manado Dr Micler Lakat SH, MH saat membuka rapat koordiansi  Forum Kota Sehat (Foto: speednews)

MANADO – Ketua Forum Kota Sehat (Forkots) Kota Manado dr Merry Sualang Mawardi, SpA optimis Kota Manado bisa meraih penghargaan kota sehat kategori tertinggi yaitu Swasti Saba Wistara.

Untuk mencapai target Swasti Saba Wistara, Ketua Forkots meminta dukungan dan siap berkolaborasi dengan semua pihak utamanya dalam mewujudkan tatanan-tatanan kota sehat.

“Saya yakin kita bisa meraih Swasti Saba Wistara. Karena kegiatan yang mendukung penilaian Kota Sehat sebenarnya sudah dilakukan sejak tahun lalu dan saat ini  juga sedang dilakukan. Untuk tatanan yang dinilai kita punya nilai progress dari 50, 60, 70 dan kita berharap naik ke 90 persen sesuai dengan apa yang diinginkan karena itu sudah berlangsung dari tahun lalu,” jelas dr Merry didampingi Kadis Kesehatan Steven Dandel dan Kaban Bapelitbang Linny Tambayong disela-sela rapat koordiansi Forum Kota Sehat yang dibuka oleh Sekot Manado Dr Micler Lakat, SH. MH di Hotel Gran Puri Manado, Kamis (26/01/23).

(Foto: speednews)

Kata dr Merry, sasaran utama dari Forum Kota Sehat adalah untuk merubah Mindset masyarakat bahwa hidup sehat itu perlu karena semua berawal dari sehat. Karena kalau masyarakat sehat secara otomatis pembangunan bisa berjalan dengan baik.

Baca juga:  Wawali Richard Sualang Buka Puasa Bersama Jamaah Masjid Al-Amin Dendal

Harus ingat bahwa Kota Sehat itu atau yang berperan didalamnya bukan hanya Dinas Kesehatan tapi ada Pariwista, BPBD, Perindustrian, Pasar dan lainnya. Semua berkolaborasi untuk membentuk suatu tatanan masyarakat yang sehat.

” Jadi semua aspek yang ada harus berkolaborasi untuk membentuk Kota Sehat karena Mindset kita cuma Dinas Kesehatan, jadi bukan seperti itu karena harus ditunjang oleh banyak sektor termasuk komponen masyarakat,” ujarnya.

(Foto: speednews)

Terkait sosialisasi ke masyarakat, Merry mengatakan pihaknya mempunyai forum Kota Sehat di setiap Kecamatan dan kelurahan yang akan menggerakan masyarakat .

“Yang menentukan kita Kota Sehat adalah Tim, jadi pertemuan hari ini adalah dalam rangka mempersiapkan penilaian dari tim tersebut. Sedangkan target kita adalah Wistara yaitu penghargaan tertinggi,” terang dr Merry Mawardi yang juga adalah istri tercinta Wakil Wali Kota Manado dr Richard Sualang.

Jadi untuk meraih Wistara ada  tatanan yang harus dimaksimalkan poinnya menjadi 91 persen dan itu sudah dilakukan persipan sejak tahun lalu. Progressnya poin kita dari awal tatanan 50 persen dan sudah naik sampai ke 70 dan saat ini sementara dipersiapkan untuk sampai ke 90 persen.

Baca juga:  AARS Safari Ramadhan di Masjid Nurullah Lawangirung

“Wistara itu harus diraih, karena itu tugas kita untuk mendampingi dan bersama-sama dengan pemerintah untuk menjadikan Manado Kota Sehat, untuk itu marilah kita mulai hidup sehat dari lingkungan kita sekitar terutama dalam keluarga yang didalamnya adalah orang orang yang kita cintai,” tandasnya. 

Perlu diketahu, Kabupaten/Kota Sehat adalah suatu kondisi kabupaten/kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat dilakukan melalui berbagai kegiatan dengan memberdayakan masyarakat yang difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten/Kota. Untuk mewujudkannya dilaksanakan melalui “FORUM” atau dengan memfungsikan lembaga masyarakat yang ada. Forum tersebut disebut “FORUM KABUPATEN/KOTA SEHAT” atau sebutan lain yang serupa sampai tingkat kecamatan dan desa. (denny)